Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Minimalisir Pungli, PLN Launching PLN Mobile

PLNBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Serius dalam pemaksimalan pelayanan, PT PLN (Persero) melakukan peluncuran aplikasi layanan bernama PLN Mobile Senin (31/10) yang secara simbolis dilaksanakan dengan oemotongan tumpeng. Sebelumnya PLN juga telah menyediakan hotline 123 yang dapat digunakan untuk menyampaikan pertanyaan dan keluhan terkait layanan PLN.

Demi mempermudah masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi terkait layanan, telah dapat diunduh di playstore PLN Mobile untuk ponsel Android dan IOs.

General Manager PLN Kantor Wilayah Kaltim Thohari Hadiat mengungkapkan, diluncurkannya PLN mobile ini juga untuk mendukung program pemberantasan pungli yang diberlakukan Presiden Joko Widodo.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat meminimalisir birokrasi atau urusan dengan pihak yang memungkinkan melakukan pungutan. Pungli kan identik dengan praktik birokrasi, dengan ini mengurangi interaksi perorangan,” jelasnya.

Dengan mengunduh aplikasi tersebut, akan memberi kemudahan dalam akses pelayanan PLN, mulai dari tambah daya, keluhan, tanya jawab seputar informasi layanan, sampai pemasangan baru. Semua hal tersebut dapat dilakukan langsung tanpa perantara.

Sementara itu, General Manager PLN Area Balikpapan, Natan menuturkan, PLN Mobile juga dapat dimanfaatkan keyika menemukan tagihan aneh atau pelayanan buruk, termasuk pemadaman listrik. Beberapa informasi terkait pengalihan daya dan informasi harga tari per bulannya juga dapat dilihat.

“Aplikasi ini adalah salah satu bentuk transparansi pelayanan PLN. Biaya dapat dilihat, termasuk apabila ada yang salah, masyarakat bisa langsung melakukan mutu tingkat pelayanan seperti layanan buruk petugas,” papar Natan. Namun, untuk informasi biaya yang tertera dalam info si aplikasi ini hanya terbatas hingga penyambungan Alat Pengukur dan Pembatas (APP) atau Meteran.

Natan melanjutkan, demi optimalisasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), apabila ada laporan atau komplain, petugas akan datang segera 30 menit setelah pelanggan menelpon. Unuk perbaikan, Natan mengklaim, petugas PLN melakukan perbaikan maksimal tiga jam.

penulis : Melani Sekar

Editor Michael Mailangkay

Berita Terkait