Berita Terkini Komunitas 

Musda KBBKT ‘banjir’ pejabat

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.comRatusan tokoh Banjar menghadiri Musyawarah Daerah IV Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) di Ball Room Hotel Tiga Mustika Balikpapan, Sabtu pagi (03/06/2017).
Hadir pada Musda tersebut, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, Gubernur Kaltara Irianto Lambri, Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar Rudy Arifin yang juga mantan Gubernur Kalimantan Selatan, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail serta beberapa tokoh Banjar yang ada di Kaltim dan Kaltara.
Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar Rudy Arifin dalam sambutannya mengatakan, bahwa orang Banjar ini sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara. “Bahkan di Sumatera Utara ada dua ratus ribu orang Banjar yang sudah menetap dalam kurun waktu yang sangat lama,” ujar Rudy Arifin.
Selain di Sumatera Utara, juga ada ribuan orang Banjar di Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau hingga di Jawa Tengah seperti di Solo, Jogja dan beberapa kota di Jawa Timur.
Rudy Arifin yang juga mantan Gubernur Kalimantan Selatan ini juga mengatakan, selain tersebar di berbagai pelosok nusantara, orang orang Banjar juga ada tersebar si luar negeri. Seperti di Malaysia dan Arab Saudi.
“Bahkan di Malaysia ada puluhan ribu, hingga terbentuklah Pertubuhan Banjar Malaysia. Mereka paling banyak menetap di Penang. Sebagiannya lagi ada yang menetap di Kuala Lumpur. Begitu pula di Arab Saudi. Jumlahnya cukup banyak,” ujarnya.
Ia juga menghimbau kepada para tokoh Banjar di daerah ini agar tetap bersatu. Solid dan selalu terdepan menjaga kondusifitas. “KBBKT bukan organisasi politik. Bukan organisasi presur grup. Organsasi ini organisasi budaya. Maka harus dibina sebaik-baiknya,” pungkasnya.
Musda KBBKT IV ini akan membahas kepengurusan baru untuk wilayah Kalimantan Utara. Di mana selama ini KBBKT sendiri mencakup wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sehingga diperlukan kepengurusan baru di wilayah tersebut.
Penulis : Alfian Tamzil
Editor : Michael M

Berita Terkait