Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan 

Natal dan Tahun Baru, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, PLN Wilayah Kaltimra membentuk posko siaga. Sebanyak 41 posko distribusi tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dibentuk guna menjaga pasokan listrik selama perayaan tersebut berlangsung.

Sedikitnya 670 petugas diterjunkan untuk menjamin keandalan pasokan listrik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, utamanya pada tempat ibadah dan pusat keramaian masyarakat selama Natal dan Tahun Baru 2018. Posko ini dibuka mulai 18 Desember hingga 8 Januari 2018.

Memasuki minggu keempat di bulan Desember ini, masing-masing kantor Area dibawah PLN Wilayah Kaltimra yakni di Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau dan Tarakan, juga rayon-rayon dibawahnya  telah melakukan gelar pasukan yang diikuti oleh tim siaga.

Tim siaga terdiri dari petugas pelayanan teknik, operator pembangkit, petugas PDKB, serta petugas pengatur distribusi.

General Manager PLN Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam, mengatakan bahwa listrik selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 harus handal agar tidak menganggu kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat lainnya.

“Kita siagakan tim agar apabila terjadi gangguan yang sifatnya emergency, tim dapat segera bergerak dengan tanggap untuk mengatasinya. Namun, kita sama-sama berharap kondisi kelistrikan aman dan handal selama Natal dan Tahun Baru ini, juga untuk seterusnya”, kata Riza.

Lebih lanjut Riza mengatakan bahwa PLN meniadakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik selama H-1 hingga H+1 saat Natal dan Tahun Baru 2018 agar tidak mengganggu distribusi listrik ke pelanggan.

“Tak hanya jaringan, pembangkit juga kami siapkan agar operasinya maksimal. Pemeliharaan di sisi pembangkit juga telah dilakukan agar meminimalisir gangguan-gangguan yang mungkin bisa terjadi”, tambahnya.

Pada momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 lalu, pada Sistem Mahakam beban puncak tercatat 346 MW. Tahun ini, diperkirakan beban puncak pada Sistem Mahakam akan berada pada kisaran 372 MW.

Pada bulan Desember 2017, daya mampu pada Sistem Mahakam sebesar 555 MW dengan beban puncak tertinggi 415 MW. Dengan beban tersebut, Sistem Mahakam masih memiliki daya cadangan sebesar 140 MW.

“Namun jika prediksi beban puncak Natal dan Tahun Baru 2018 berkisar 372 MW, maka sistem masih punya cadangan 183 MW. Sehingga dipastikan sistem kelistrikan aman”, tegas Riza.

Terakhir, Riza menghimbau kepada masyarakat untuk aktif menghubungi Contact Center PLN 123 apabila membutuhkan layanan seputar kelistrikan, termasuk melaporkan gangguan apabila terjadi padam, agar petugas bisa menindaklanjuti dengan segera. (***)

Sumber : PLN Kaltimra

Berita Terkait