Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Novotel “terbakar” lima penghuni hotel dievakuasi

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebuah Hotel bintang lima di Balikpapan yakni Novotel, Rabu (26/4/2017) dinihari, terbakar. Beberapa tamu hotel menjadi korban dan langsung dievakuasi.

Simulasi penanggulangan bencana kebakaran tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan menggelar simulasi kebakaran yang di gelar di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (26/04/2017).

Pada simulasi ini, terjadi kebakaran di salah satu lantai di Hotel berbintang 5 tersebut. Usai berhasil dipadamkan, rupanya ada beberapa penghuni hotel yang pingsan akibat menghirup asap, hingga tim BPBD langsung melakukan pertolongan.

Pertolongan dilakukan dengan menjemput korban dengan menggunakan mobil pemadam dengan menggunakan tangga elektrik di lantai 10. Korban pun berhasil diselamatkan dan langsung dibawa mobil ambulan yang segera dirujuk ke rumah sakit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno mengatakan, kegiatan simulasi ini sengaja dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya mereka yang bekerja di gedung gedung bertingkat, seperti hotel.

“Kegiatan ini sengaja kami lakukan, khususnya nya di gedung gedung bertingkat seperti hotel. Tujuannya agar para penghuni hotel ataupun karyawan hotel akan mengetahui apa yang harus dilakukan apabila kebakaran terjadi,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Lebih lanjut Suseno mengatakan, kegiatan simulasi ini akan terus dilakukan dengan harapan agar para pengelola gedung bertingkat seperti hotel mendapat pemahaman secara langsung langkah apa yang akan dilakukan apabila kebakaran terjadi di Hotel tempat mereka bekerja.

Kegiatan simulasi kebakaran ini juga melibatkan beberapa instansi, seperti dari kepolisian, pihak Dinas Kesehatan serta sejumlah lembaga atau organisasi kemanusiaan yang selalu siap memberikan bantuan pertolongan apabila terjadi musibah kebakaran.

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait