Berita Terkini Kodam Mulawaran 

Pangdam Sonhadji : Pancasila itu sudah final

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com--Sejumlah pejabat dari berbagai instansi menghadiri acara syukuran HUT Kodam VI Mulawarman ke 59 yang digelar di Aula Kodan VI Mulawarman, Selasa pagi (17/07/2017).

Hadir pada acara syukuran itu diantaranya Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin, Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Muhamaad Nur Rahmad, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mulyana, Sekda Prov Kaltim Rusmadi Wongso, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi serta sejumlah pejabat vertikal yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Mayjen TNI Sonhadji dalam sambutannya mengatakan, selama kurun waktu 59 tahun pengabdiannya, Kodam VI Mulawarman telah banyak karya yang di wujudkan dalam menjaga kondusifitas wilayah dan menjaga keutuhan NKRI.

“Karya nyata yang telah dilakukan adalah mewujudkan situasi keamanan wilayah saat penyelenggaraan Pemilukada serentak yang dapat berjalan dengan aman, tertib dan terkendali di seluruh wilayah Kodam VI Mulawarman,” ujar Sonhadji.

Lebih lanjut Sonhadji mengatakan, berbagai keberhasilan dalam pelaksanaan tugas lainnya juga senantiasa akan tercatat dan terukir dalam sejarah perjalanan pengabdian Kodam VI  Mulawarman.

“Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukan tanpa pamrih dari seluruh anggota Kodam VI Mulawarman, baik Prajurit maupun aparatur sipil negara yang senantiasa selalu menunjukkan jati dirinya sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, tentara nasional dan tentara  profesional. Serta sebagai aparatur sipil negara yang disiplin, trampil dan berdedikasi tinggi,” ujarnya.

Pada acara syukuran HUT Kodam VI Mulawarman ini pula diadakan acara pemotongan tumpeng yang dilakukan langsung oleh Pangdam VI Mulawarman dan potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada Prada Pegix Hadi Prayitno, sebagai prajurit yang berprestasi dalam bidang olah raga beladiri yang telah berhasil mengharumkan nama Kodam VI Mulawarman.

Acara syukuran HUT Kodam VI Mulawarman ini juga dimeriahkan pula oleh kehadiran musisi senior Deddy Dhukun.

Seorang musisi tanah air yang pernah tenar di era tahun 1980an hingga di tahun 1990. Penampilan Deddy Dhukun ini mampu membuat suasana acara syukuran tersebut menjadi meriah.

Pada kesempatan yang sama, Sonhadji mengutatakan bahwa dasar negara Pancasila sudah tidak perlu dibahas bahas lagi dan mutlak.

“Pancasila itu sudah final. Tidak perlu dibahas bahas lagi,” ujar Sonhadji kepada sejumlah wartawan.

Ia juga menambahkan, keamanan bangsa ini tak lepas dari adanya Pancasila yang diamalkan oleh semua warga negara.

“Bangsa ini aman. Teman teman wartawan kan aman selama menjalani tugas. Ini kan karena Pancasila,” lanjutnya.

Sonhadji juga sempat menyikapi tentang adanya oknum guru yang ada di Balikpapan yang diduga telah menyebarkan paham anti Pancasila.

“Tidak bisa itu. Tidak bisa dibiarkan. Harus ditindaklanjuti. Intinya Pancasila itu final. Tidak perlu dibahas bahas lagi,” ujar Sonhadji lagi. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait