Berita Terkini Bumi Etam 

Pasca subsidi dihapus, pelanggan PLN lakukan efisiensi

toBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–sejak dihapusnya subsidi bagi pelanggan PLN dengan daya 900VA, kini para pelanggan PLN ini melakukan efisiensi penggunaan listrik secara besar besaran.

Penghapusan subsidi oleh PLN ini dilakukan secara bertahap, mulai bulan Januari hingga bulan Juni lalu. Dimana untuk tahap pertama dari Januari ke Februari. Tahap ke 2 Dari Maret ke April. Dan tahap ke 3 dari bulan Mei hingga bulan Juni.

Manager PLN area Balikpapan, Natan mengatakan, awalnya tarif daya listrik itu beskisar Rp 495/kwh hingga Rp 586/kwh pada tahun 2016 yang lalu. Kemudian pada Januari tahun ini sejak subsidi dilakukan secara bertahap, tarif daya listrik berubah menjadi 774/kwh.

Kemudian pada bulan Maret, tarif daya listrik berubah lagi menjadi Rp 1.023/kwh. Memasuki tahap ke 3 dihapusnya subsidi, tarif daya listrik meningkat menjadi Rp 1.352/kwh.

Lebih lanjut Natan mengatakan, sejak dihapusnya subsidi bagi pelanggan PLN dengan daya 900VA, para pelanggan PLN melakukan efisiensi penggunaan tenaga listrik.

“Iya, ini dibuktikan dengan adanya penurunan penggunaan listrik bagi pelanggan PLN dengan daya sembilan ratus volt ampere,” ujar Natan.

Ia juga mengatakan, penurunan penggunaan listrik ini bisa saja dilakukan oleh para pelanggan PLN dengan cara melakukan efiensi.

“Sekarangkan banyak perangkat listrik dan elektronik yang sudah hemat energi. Seperti lampu led, AC dan lemari es yang hemat energi yang saat ini perangkat tersebut banyak dijual di pasaran,” imbuh Natan lagi.

Di Balikpapan sendiri jumlah pengguna listrik dengan kapasitas 900VA mencapai 110.266 pelanggan. Untuk pelanggan 450VA berjumlah 32.705 pelanggan. Kemudian pelanggan PLN yang disubsidi pemerintah bagi warga miskin berjumlah 23.054 pelanggan.

“Nah, bagi warga kurang mampu atau warga miskin yang ingin mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka harus ada surat keterangan dari pemerintah, yang dalam hal ini dari pihak kecamatan dan badan statistik. Jadi bukan PLN yang bisa memberikan subsidi,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait