Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan Pendidikan 

Pastikan Listrik Aman Saat UNBK, PLN Perkuat Jaringan


BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Dalam rangkan mensukseskan serta mendukung lancarnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UMBK), PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, tengah melakukan persiapan dengan rutin melakukan pemeliharaan jaringan yang memasok listrik dengan sukses.

Kondisi listrik yang terbilang surplus, PLN Wilayah Kaltimra diatas kertas bisa memberi rasa aman kepada pelanggan dari pemadaman karena kekurangan pasokan daya listrik.

Wijayanto Nugroho selaku Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah Kaltimra menegaskan komitmen PLN untuk menjaga distribusi listrik aman selama pelaksanaan UNBK berlangsung.

“Menyambut pelaksanaan UNBK ada beberapa persiapan yang kami lakukan untuk menjaga keandalan listrik, salah satunya adalah pelaksanaan pemeliharaan yang kami lakukan beberapa minggu ini,” kata Wijayanto.

Pemeliharaan dilakukan sebagai langkah preventif PLN sekaligus inspeksi untuk memastikan keadaan jaringan listrik dalam kondisi yang baik mengingat belakangan ini sering terjadi hujan yang lebat disertai angin yang cukup kencang.

“Pemeliharaan yang kami lakukan juga akan selesai sebelum pelaksanaan UNBK berlangsung. Jadi bisa kami pastikan selama UNBK berlangsung jadwal pemeliharaan sudah ditiadakan,” tambahnya.

Selain itu PLN Wilayah Kaltimra juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait lokasi sekolah -sekolah yang melaksanakan UNBK disiagakan tim lapangan untuk memastikan kondisi listrik aman saat ujian berlangsung.

“Selain dari sisi kecukupan daya dan keandalan jaringan kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk diberikan data lokasi sekolah yang melaksanakan UNBK. Dari data lokasi tersebut akan disiagakan tim untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama masa ujian berlangsung,” ujar Wijayanto.

Meski demikian, Wijayanto menyatakan tidak dapat menjamin listrik seratus persen tidak padam jika terjadi gangguan yang sifatnya insidental seperti bencana ataupun cuaca buruk.

“Untuk yang gangguan eksternal yang sifatnya force majeure seperti bencana ataupun cuaca ekstrim yang disertai petir kami tidak bisa menjamin listrik tidak padam,” katanya.

“Kami berharap pelaksanaan UNBK tahun ini dapat berlangsung dengan lancar dan dukungan pasokan listrik dari PLN juga tidak menemui kendala yang berarti,” harap Wijayanto. (***)

Editor : Michael M

 

Berita Terkait