Advetorial Bandara Berita Headline Berita Terkini 

Pastikan Penumpang Dilayani, Angkasa Pura Resmikan Posko Natura

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com – Menyambut libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Natura), PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, membuka Posko Monitoring Angkutan Terpadu Nataru.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha, Posko ini dibuka merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab pihaknya, dan juga bagian dari intstruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara, tentang pelaksanaan Angkutan Udara Natal 2017 dan Tahun Baru 2019.

“Posko Terpadu Monitoring Angkutan Nataru akan mulai operasional pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019,” kata Farid, disela meresmikan pengoprasian Posko Nataru, di bandara, Rabu (19/12/2018).

Keberadaan posko monitoring angkutan Nataru ini, lanjut Farid, ingin memastikan bahwa penumpang benar-benar mendapatkan perhatihan yang lebih selama berada di area bandara. Sehingga dibutuhkan koordinasi dan kerjasama dari semua pihak agar pelayanan penumpang dapat dilakukan secara maksimal.

Posko Nataru ini akan beroperasi sesuai jam operasional bandara dan akan melibatkan pihak eksternal maupun internal PT. Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, tukas Farid.

Personil Posko Monitoring Angkutan Nataru selain melibatkan unsur internal dari PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, juga melibatkan unsur eksternal dari Kantor Otoritas Bandara, Polsek Kawasan Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Sentra Komunikasi, PT Jasa Raharja Putera dan ORARI. Secara keseluruhan total personil yang dilibatkan dalam posko monitoring ini sebanyak 25 orang.

“Posko Monitoring Angkutan Nataru nantinya terletak di area keberangkatan, di harapkan keamanan & kenyamanan di Bandara SAMS Sepinggan menjelang libur Nataru dapat berjalan dengan baik dan lancar”, harap Farid.

Diketahui pada angkutan Nataru 2017-2018 lalu jumlah penumpang yang datang dan diberangkatkan pada H-7 sampai H-1 berjumlah 162.109 penumpang. Sedangkan H+1 hingga H+7 jumlah penumpang yang datang dan berangkat berjumlah 174.686 penumpang.

Namun diprediksi puncak arus penumpang Nataru tahun 2018-2019 nantinya pada tanggal 22 Desember 2018 (H-3) untuk keberangkatan dan tanggal 4 Januari 2019 (H+3) untuk kedatangan.

“Terkait dengan perkiraan puncak arus penumpang serta antisipasi kemungkinan delay, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan beserta seluruh instansi terkait telah melakukan koordinasi untuk memastikan kesiapan bandar udara dalam mengantisipasi penumpukan penumpang dan penerbangan. Semoga arus mudik tahun ini berjalan lancar dan aman“, tutup Farid. (***)

Editor : Michael M

Berita Terkait