Balikpapan Berita Headline Berita Terkini Wisata 

Pemkot Balikpapan Tawarkan Kelolah Pulau Balabalagan

BALABALAGAN, CAHAYAKALTIM.com —  Pagi itu langit dan laut di dermaga Pelabuhan Jetty Speed Boat Chevron Semayang, Balikpapan,t cerah serta tenang mengantarkan keberangkatan rombongan Wawali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud untuk menjelajah beberapa spot wisata bahari di gugusan Kepulauan Balabalagan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud tertarik dengan Kepulauan Balabalagan, tersebut . Sehingga dirinya atas nama Pemkot Balikpapan berkeinginan untuk menjalin kerja sama dengan Pemprov Sulbar, guna melakukan pengembangan sektor pariwisata di kepulauan yang berada di Selat Makassar tersebut.

“Tentunya saya atas nama Pemkot Balikpapan ingin bekerja sama dengan pemerintah Sulbar untuk mengelola potensi yang luar biasa yang ada di tengah-tengah Selat Makassar itu,” katanya.

Berdasarkan kunjungannya ke beberapa pulau di kepulauan tersebut, wilayah kepulauan itu menyimpan keindahan alam yang potensi untuk dijadikan tempat wisata.

Apalagi, dengan pemandangan dasar laut yang indah di beberapa pulau di kepulauan tersebut, memungkinkan objek wisata bahari dikembangkan di sana. Seperti pemandangan bawah laut di Pulau Sabakkatang, yang merupakan salah satu pulau di wilayah Kepulauan Balabalagan.

“Sudah ada gambaran, potensi wisata bahari. Secara administrasi, kepulauan ini masuk wilayah Sulbar,” lanjutnya.

Namun demikian, akses menuju kepulauan tersebut lebih dekat jika melalui Balikpapan. Dari Balikpapan ke kepulauan tersebut, dapat ditempuh dengan waktu 10 jam menggunakan kapal nelayan. Sementara jika ke Kabupaten Mamuju atau Pulau Sulawesi, waktu yang ditempuh mencapai 24 jam.

Jika dari Balikpapan menuju kepulauan tersebut menggunakan kapal cepat dengan kecepatan rata-rata 30 knot, maka perjalanan hanya ditempuh dengan waktu 2 jam lebih .

Hal itu, memberi kesempatan bagi Balikpapan untuk bisa mengembangkan potensi wisata di kepulauan tersebut, melalui kerja sama dengan Pemprov Sulbar. Tujuannya, untuk mendatangkan keuntungan bagi kedua daerah, khususnya dalam hal pendapatan daerah dari sektor wisata.

“Perjalanan sekitar 2 setengah jam. Letak geografisnya lebih dekat dengan Balikpapan. Akses lebih dekat dari Balikpapan. Dan sarana, fasilitas penunjang lebih memadai kalau kita berangkat dari Balikpapan,” katanya.

Seperti diketahui, di Kepulauan Balabalagan ini terdapat lebih dari 10 pulau-pulau kecil yang menyimpan potensi wisata alam dan bahari. Beberapa di antaranya memiliki luas hanya sekitar 5 hektare. Seperti Pulau Sabakkatang. Di pulau ini, hanya dihuni sekitar 100 KK (Kepala Keluarga).

Wakil Walikota yang berpenampilan kece itu yakin pulau Balabalagan menyimpan potensi besar sebagai daerah rujukan wisata favorit warga Indonesia maupun wisatawan luar negeri bila dikelola dengan baik. (***)

Penulis : Resy W S (Echy)

Editor : Michael M

Berita Terkait