Berita Terkini Bumi Etam 

Pemkot kurang serius tangani banjir

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Tingginya curah hujan beberapa waktu hingga menimbulkan banjir di beberapa titik di Balikpapan, hendaknya segera disikapi serius Pemkot Balikpapan.

Hal ini seperti dikatakan Ketua Umum Gemma Kaltim, Ir Sudjatmiko saat ditemui cahayakaltim di ruang kerjanya Kamis siang (20/04/2017).

Menurut Sudjatmiko seringnya banjir yang terjadi di Balikpapan menurutnya  lebih disebabkan pertama pada faktor curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi.”Apalagi tahun2 ini dipengaruhi global warming cuaca lebih cenderung ekstrim,” ujarnya.

lebih lanjut Sudjatmiko mengatakan, faktor ke dua pembangunan kota balikpapan tidak terlepas dari perubahan tata guna lahan. Seperti perubahan kawasan hijau terutama dikawasan hulu yang berakibat meningkatnya sedimentasi yang memperburuk kondisi drainasi yang ada.

Begitu pula upaya pelebaran sungai guna meningkatkan luasan tampang basah pada saluran sekunder dan primer mengalami kendala pembebasan lahan.

Image by (dok) cahayakaltim.com

“Padahal ini solusi yang paling baik bagi pemkot menata drainasi yang ada terutama di daerah hilir. Kondisi paling buruk bisa saja dibuatkan rumah diatas sungai,” ujar Alumni Mahasiswa  Fakultas Teknik Sipil Universitas Gajah Mada Jogjakarta itu.

Ia juga mengatakan, sementara di daerah hulu dilakukan dengan mengkatkan kawasan hijau dan bisa dilakukan dengan metode vegetasi produktif.

“Artinya masyarakat didorong untuk memperkuat kawasan lereng dengan tanaman pencegah erosi dan longsor juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti tanaman tanaman produktif berakar tunggang yang sudah terbukti sangat bagus buat menambah keamanan lereng tanah dari kelongsoran,” pungkasnya.

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait