Berita Terkini Bumi Etam 

Pemprov bakal bangun tugu Garuda di Maratua

ilustrasiSAMARINDA, CAHAYAKALTIM.com–Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI berencana membangun tugu perbatasan di pulau terluar Kaltim yakni pulau Maratua sebagai tanda pulau perbatasan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid, Minggu (12/6) di Samarinda. Menurutnya, pembangunan tugu perbatasan tersebut berupa pembangunan Tugu Garuda yang nantinya akan dibiayai melalui APBN.

“Kami dari BPPD Kaltim bersama dengan Pemda Berau akan melakukan peninjauan lokasi untuk rencana pembangunan Tugu Garuda tersebut,” katanya. Rencananya pertengahan atau akhir bulan ini kami tinjau ke lapangan,” katanya.

Frederik menambahkan, peninjauan lokasi tidak hanya dilakukan oleh BPPD Kaltim dan Pemda Berau. Namun, juga nantinya akan secara langsung ditinjau oleh jajaran dari BNPP melalui Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP.

“Bukan hanya meninjau lokasi rencana pembangunan tugu perbatasan saja. Namun, juga akan melakukan peninjauan terkait kegiatan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program kegiatan dari kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian yang telah dianggarkan melalui APBN,” katanya.

Saat ini, lanjut Frederik, BPPD Kaltim telah melakukan koordinasi dengan SKPD terkait di Pemda Berau terkait kegiatan monitoring pelaksanaan program kementerian di Maratua yang juga sekaligus peninjauan lokasi pembangunan Tugu Garuda.

“Tugu Garuda dibangun sebagai rambu wilayah perbatasan. Tugu tersebut nantinya sebagai penanda bahwa telah berada di wilayah Indonesia. Kami berharap rencana pembangunan tugu tersebut nantinya juga beriringan dengan percepatan pembangunan di Pulau Maratau,” katanya.(*)

sumber : humas Provkaltim

Berita Terkait