Balikpapan Berita Terkini 

Hotel dan restoran bakal diharuskan miliki alat pengolahan sampah

Suasana Rapat Dengar Pendapat antara Komisi III DPRD Balikpapan dan DKPP Kota Balikpapan. (Alfian/cahayakaltim.com)
Suasana Rapat Dengar Pendapat antara Komisi III DPRD Balikpapan dan DKPP Kota Balikpapan. (Alfian/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Balikpapan akan membuat regulasi baru berkaitan dengan pengelolaan sampah yang berasal dari seluruh hotel dan restauran besar yang ada di Kota Minyak itu.

Hal ini menjadi bahan perbincangan Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD Kota Balikpapan dan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan yang digelar Rabu (11/05/2016).

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Andi Arief Agung beserta seluruh anggotanya dan Kepala DKPP Kota Balikpapan Abdul Azis itu membahas tentang adanya rancangan Peraturan Walikota Balikpapan tentang pengelolaan sampah dari seluruh hotel dan restoran besar yang ada di Balikpapan

“Perwali ini bertujuan agar mengurangi volume sampah dan organik dari tempat asalnya menuju ke tempat pembuangan akhir,” ujar Abdul Azis kepada cahayakaltim.com usai mengikuti rapat tersebut.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa, selain mengurangi volume sampah yang ada di TPA juga dapat mengurangi biaya operasional. Mengingat volume sampah yang ada di Balikpapan mencapai 400 ton setiap harinya.

“Intinya dalam waktu dekat ini kami akan mewacanakan ini ke pihak manajemen hotel dan restoran restoran besar di Balikpapan. Setelah itu akan diterbitkan peraturannya,” ujar Abdul Azis lagi.

Pada kesempatan yang sama Andi Arif Agung mengatakan bahwa, pengelolaan sampah oleh pihak hotel itu berawal dari hasil kunjungannya ke Bandung beberapa waktu lalu.

“Di sana semua hotel sudah melakukan hal ini. Sehingga pihak dinas kebersihan tidak repot lagi mengurusi sampah organik mereka. Alat pengurai sampah organik ini murah sekali. Sekitar tujuh belasan juta lah. Kan ini sangat membantu,” ujar Andi Arif. (alfian tamzil).

Foto : Suasana Rapat Dengar Pendapat antara Komisi III DPRD Balikpapan dan DKPP Kota Balikpapan. (Foto : Alfian/cahayakaltim.com)

Berita Terkait