Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Penyidik Polda Tunggu Pileg Usai, Dua Oknum DPR Balikpapan Bakal Diperiksa

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) ternyata terus memantau perkembangan penyelidikan kasus dugaan korupsi Rumah Pemotongan Unggas (RPU) yang merugikan Nagara mencapai Rp 12 Miliar.

Diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi, Ade Yaya S, kepada cahayakaltim.com, menyebutkan kasus dugaan korupsi di Kota Balikpapan yang melibatkan beberapa oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan ini, terus dilakukan.

Terlepas dari aksi turun kejalan yang dilakukan mahasiswa yang meminta kasus korupsi tersebut dilanjutkan dan diselesaikan, pihak Polda sendiri sudah menyimpan beberapa nama yang diduga terlibat dalam kasus ini, namun ada dua oknmum anggota DPRD yang kembali menjadi calon legislatif di Pemeilihan Umum 2019, sehingga penyidik Polda belum menetapkan keduanya sebagai tersangka.

Kedua oknum tersebut berinisial ABDY dan ABD. Dimana menuru Ade Yaya, pihaknya akan menunggu kontentasi politik pada April 2019 berakhir, baru akan melanjutkan proses penyidikannya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya S. image by echi/cahayakaltim.com

“Karena ada beberapa oknum dalam proses pileg 2019, Ini ada yang sebagai caleg. Dalam hal ini kita menunggu proses pemilihan umum selesai. Karena kita menghormati pelaksanaan yang bersangkutan dalam pesta demokrasi. Akan ada penegakkan hukum lanjutan oleh penyidik usai pesta demokrasi berakhir,” kata Ade Yaya, Kamis (14/2/2019).

Sementara itu, salah satu oknum anggota DPRD Balikpapan yang sudah ditangani yakni tersangka bernama Andi Walinono alias AW sudah selesai atau sudah P21 oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur. Kini akan dipersiapkan dalam proses sidang bersama 6 tersangka lainnya yang lebih dulu disidangkan di Pengadilan Tipidkor Samarinda.

Kasus korupsi terhangat di Kaltim yang jadi perbincangan publik berasal dari kota Balikpapan. Polda Kaltim menangani kasus dugaan korupsi RPU  Balikpapan yang menetapkan 8 orang sebagai tersangka

Sebanyak 6 tersangka sudah menjalani proses persidangan di Pengadilan. Dua sisanya, masih dilakukan proses penyidikan. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait