Berita Headline Berita Terkini Ekobis Otomotif 

Perkenalkan New Rush di Balikpapan, Toyota optimis rebut pasar kompetitor

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Setelah di luncurkan di Jakarta bulan November 2017 lalu, mobil New Toyota Rush terbaru, mulai merambah pasar otomotif di Kalimantan Timur. Mobil SUV andalan Toyota ini sudah dapat dipesan (inden).

Menurut, Branc Head Auto 200 Balikpapan, M Jainuri mengatakan, New Toyota Rush yang merupakan mobil dengan akumulasi penjualan tertinggi dikelasnya tipe SUV yang mencapai 250.000 unit, membuat pihaknya optimis menambah gairah pemasaran unit tersebut.

“Kalimantan sendiri terutama Kalimatan Timur, pasar SUV kelas medium meningkat hingga 1,5 % atau 318 unit dari market 770 unit. Rush memimpin penjualan dengan sekitar 41,3 %. Inilah yang membuat kami optimis bisa meningkatkan penjulan serta berpeluang mendapatkan pasar competitor,” ujar Jainuri, kepada cahayakaltim.com, Kamis (6/12/2017) di Waroeng Kopi, Pentacity, Balikpapan.

Senada juga diungkapkan, Branc Manager Auto 2000 Balikpapan, Michael Wen Kurniawan. Dia mengungkapkan, kehadiran new Toyota Rush dengan wajah baru ini akan memberikan dampak positif bagi pasar Toyota.

“Tahun ini, Toyota sudah meluncurkan berbagi tipe produknya, mulai dari New , Fortuner, New Inova hingga tipe terbaru Calya. Semua memiliki segmen dan pasar tersendiri. New Toyota Rush pun memiliki pasarnya sendiri. Untuk itulah, kami optimis menambah peningkatan penjualan,” kata Michael Wen.

Desain Berubah Total

Desain Toyota Rush ini perpaduan antara Toyota C-HR dan Toyota Rav4.Tampil lebih panjang 230 mm dibanding model sebelumnya menjadi 4.435 mm. Ban serep yang semula menempel di pintu belakang dipindah ke bawah lantai belakang. Model ini ditawarkan dalam dua tipe yakni tipe G dan TRD Sportivo.

Kedua model itu dilengkapi dengan 7 tempat duduk, 7 seat belt tiga titik, dan 7 head rest. Menariknya, ketujuh seat belt itu juga dilengkapi dengan alarm. Dengan jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga sepanjang 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya.

Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model terdahulu. Khusus untuk tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin inklusif. Interior dilengkapi dengan desain dashboard yang memancarkan nuansa ketangguhan sebagai kendaraan petualang.

Toyota Rush terbaru dibekali mesin berteknologi Dual VVT-i (2NR-VE), 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC. Tenaga mesin ini mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 Kgm pada 4.200 rpm. Tenaga besar ini disalurkan ke roda penggerak belakang melalui pilihan transmisi manual dan otomatis. Mesin ini sama dengan yang digunakan pada Toyota Avanza dan Toyota Sienta.

Secara dimensi, lebar model terbaru ini dipertahankan 1.685 mm, begitu juga tinggi 1.705 mm dan jarak antar roda 2.685 mm. Dipadu dengan sistem gerak roda belakang, serta ground clearance setinggi 220 mm, All New Rush dihadirkan untuk mengatasi berbagai rintangan di berbagai kondisi jalan.

Semua tipa Rush terbaru dilengkapi dengan AC double blower untuk membuat ruang kabin sejuk hingga ke kursi baris ketiga. Sebagai kendaraan 7 penumpang, Rush terbaru cukup ramah dengan penumbang. Hal ini terlihat dari 13 cup holder yang dapat digunakan untuk menyimban botol minuman.

Tipe TRD Sportivo maupun G dilengkapi pengaturan audio melalui setir. Khusus tipe TRD Sportivo, setirnya juga dilengkapi pengaturan untuk telepon. Sementara, fitur hiburan All New Toyota Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi dengan DVD AVX 7 inci dengan internet, USB, Bluetooth, iPod/iPhone Conncet, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App.

Di sektor keamanan, Toyota Rush cukup mumpuni. Semua tipe model ini dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, Hill Start Assist Congtrol (HAS) agar lebih percaya diri saat melewati jalan mendaki, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung serta dilengkapi 6 airbag.

Sebagai mobil yang memperhatikan kebutuhan penumpang, terutama saat melakukan perjalanan jauh, Toyota melengkapi 3 ACC Connector untuk tipe TRD Sportivo yang terletak di bagian depan, baris bangku kedua, dan baris bangku ketiga. Sedangkan tipe G hanya terdapat pada bagian depan saja.

Rush dibekali surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker (tipe G). (*)

Penulis :  Michael M

Editor : Mailangkay M

 

Berita Terkait