Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

Perolehan pajak Kota Balikpapan capai 82,58 %

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Balikpapan pada tahun 2017 menyebutkan perolehan pajak daerah Kota Balikpapan, sudah melampaui target atau mencapai 82,58%.

Seketaris Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPDRD) Kota Balikpapan, Ahdiyansyah, mengatakan, pencapaian tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun.

Menurutnya capaian pajak yang diperoleh pada tahun ini tak lepas dari tingginya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak termasuk dari kalangan pengusaha.

“Ada beberapa pajak yang diperoleh, diantara dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan (PPJ), pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak mineral bukan logam dan bebatuan, pajak bumi dan bangunan serta pajak BPHTB,” kata Ahdiyansyah kepada cahayakaltim.com, Selasa (10/10/2017)

Dari 11 pajak yang disebutkan di atas, hampir semuanya sudah mendekati target. Bahkan ada beberapa sektor pajak yang diperoleh telah melebihi target.

Lebih lanjut Ahdiansyah mengatakan, pihak BPDRD Kota Balikpapan sendiri menerapkan beberapa terobosan, diantaranya mengadakan penyisiran kepada para wajib pajak.

“Bahkan kami pernah menempatkan jajaran kami di tiga bioskop. Tujuannya adalah untuk memantau secara langsung potensi pajak yang ada di tempat itu,” ujar Ahdiansyah lagi.

Selain di bioskop yang merupakan perolehan pajak dari sektor hiburan, pihak BPDRD juga menyisir ke tempat tempat lain, seperti di Balikpapan Super Block, Balcony dan Plaza Balikpapan yang merupakan tempat yang berpotensi pajak.

Ahdiansyah juga mengungkapkan, bahwa peranan wartawan juga turut membantu dalam mensosialisasikan pajak ini melalui media masa tempat mereka bekerja.

“Jadi bukan kami saja sendiri yang turut mensosialisasikan ini. Peran media juga dinilai paling efektif dalam melakukan sosialisasi pajak, yang tujuan tak lain untuk memperoleh dan meningkatkan pendapatan daerah,” pungkasnya. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait