Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Pertama Kali, Pangdam Pimpin Operasi Lilin Gelaran Polda

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menggelar apel Operasi Lilin yang digelar di lapangan SPN Polda Kaltim Balikpapan, Kamis pagi (21/12/2017).

Uniknya pada apel Operasi Lilin kali ini dipimpin oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji. Hal ini tidak seperti biasanya, di mana disetiap gelaran upacara besar di kepolisian selalu dipimpin pejabat tertinggi di lingkungan Polda Kaltim.

Ada beberapa hal yang disampaikan Mayjen TNI Sonhadji dalam sambutan tertulis Kapolri yang dibacakannya, diantaranya mendekati perayaan Natal jajaran kepolisian dan TNI diminta untuk meningkatkan pengamanan. Khususnya di tempat tempat ibadah dan di pusat pusat keramaian.

Lebih lanjut jenderal TNI dengan dua bintang mengatakan, agar mencegah adanya aksi sweping yang dilakukan oleh ormas-ormas tertentu. “Jika masih ada juga adanya aksi sweping, maka akan segera lakukan tindakan tegas dan profesional,” ujarnya.

Pada apel Operasi Lilin 2017 ini yang turut serta sebagai peserta apel ada pula beberapa instansi, selain dari prajurit Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim sendiri, juga hadir personil dari Dinas Perhubungan dan personil dari Jasa Rahardja.

Apel Operasi lilin ini juga dihadiri beberapa pejabat, seperti Wakil Walikota Balikpapan H Rahmad Masud, sejumlah pejabat dari Pemprov Kaltim dan Kaltara. Anggota DPRD dari Pemprov Kaltim, Kaltara dan Balikpapan serta sejumlah pejabat vertikal yang ada di daerah ini.

Usai apel digelar, Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin mengatakan, ditunjuknya Pangdam VI Mulawarman sebagai inspektur upacara adalah hal yang biasa. “Ini menandakan sinergitas antara Polri dan TNI. Bahwa kami, TNI dan Polri tetap solid dalam NKRI,” pungkas Safaruddin. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait