Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam Hukum Lingkungan 

Pertamina selidiki asal minyak mentah yang cemari pantai Balikpapan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Minyak mentah misterius yang mencemari kawasan pesisir pantai Kota Balikpapan, yang terlihat sejak dua hari terakhir ini, masih meninggalkan pertanyaan besar.

Peristiwa yang membuat beberapa kawasan wisata Kota tak bisa dinikmati warga Balikpapan ini, mendapat perhatian langsung dari Pertamina.

Menurut, Area Manager Communication and realtion Pertamina Kalimantan, Alicie Irzanova, tumpahan minyak yang masih misterus tersebut, pihaknya dengan gerak cepat melakukan penanggulangan ceceran minyak setelah mendapat laporan tersebut pada pada pukul 09.30 Wita, Senin (1/5/2017).

“Setelah menerima laporan di bagian HSE Pertamina RU V, bahwa di sekitar perairan Jetty 1 terdapat ceceran minyak, kami langsung melakukan peninjauan mulai di kawasan perairan Jetty 1 hingga Jetty 6,” kata Alicia, kepada Cahayakaltim.com, Selasa (2/5/2017).

Kendati demikian, lanjut Alicia, pihaknya belum mengetahui asal usul minyak mentah yang mencemarin perairan Kota Balikpapan tersebut. Karena menurutnya hasil penyelidikan pihaknya sementara ini belum ditemukan adanya indikasi sumber ceceran yang berasal dari fasilitas operasional Pertamina RU V.

“Kami masih fokus untuk mengisolasi area yang tercecer agar tidak meluas dengan cara melokalisir ceceran minyak di perairan menggunakan Oil Boom dan diarahkan menuju sisi Jetty RU V agar dapat dilakukan penyedotan ceceran minyak menggunakan vacuum truck,” ujar Alicia.

Dalam menanggulangi ceceran minyak, pihak Pertamina RU V telah menurunkan berbagai peralatan dan fasilitas antara lain tug boat, kapal tunda, alumunium boat, rubber boat, vacuum truck, oil boom dan sebagainya.

“Yang jelas kami masih melakukan penyelidikan dari mana minyak tersebut,” tutup Alicia. (*)

 

Penulis : Michael M

Editor : M Mailangkay

Berita Terkait