Berita Headline Berita Terkini 

Petani binaan Bank Indonesia panen bawang merah di Balikpapan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar acara panen raya bersama petani bawang merah yang digelar di Gunung Bubukan, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kamis (14/12/2017).

Hadir pada acara panen raya itu diantaranya Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani, sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan, sejumlah kepala dinas Pemkot Balikpapan, beberapa anggota DPRD Kota Balikpapan dan sejumlah petani bawang merah di kawasan tersebut.

Panen raya bawang merah ini merupakan bagian dari peran Bank Indonesia Balikpapan dalam memberdayakan petani di kawasan itu. Pasca digandengnya para petani bawang ini mengalami penambahan hasil panen.

Hal ini seperti dikatakan ketua Kelompok Tani Hikma Balikpapan, Bahar. Menurutnya setelah Bank Indonesia memberikan bantuan dan pembinaan hasil panennya mengalami peningkatan. Yang biasanya dalam 1 musim panen mendapatakan 1 ton, kini sudah menjadi 10 ton. Masa panen dilakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

“Dahulu setiap panen hanya satu ton saja.  Namun kini sudah meningkat sepuluh kali lipat. Atau sebanyak sepuluh ton setiap kali panen,” ujar Bahar di hadapan sejumlah peserta yang hadir di acara tersebut.

Dia juga mengatakan, dari hasil panen itu, sebagian dijual, dan sebagian lagi disimpan untuk dibudidayakan lagi.

“Dari lima puluh persen hasil panen kami jual dan lima puluh persen lagi kita simpan untuk ditanam kembali. Hal ini bertujuan agar para petani tidak lagi berharap bibit bawang dari luar daerah,” ujarnya.

Bibit bawang merah yang dimaksud Bahar adalah bibit bawang yang berasal dari Brebes, Jawa Tengah.  Kala itu Bank Indonesia pernah mengajak para petani ini untuk mengikuti pelatihan Budidaya Bawang Merah, di Brebes, Jawa Tengah selama seminggu.

Selanjutnya,  Bank Indonesia Balikpapan memberikan bantuan benih bawang merah bersertifikat, Varietas Bima Brebes (Label Ungu) sebanyak 1 Ton kepada Kelompok Tani Hikma.

Sementara itu Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, bahwa panen raya yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia ini sangat membantu kebutuhan masyarakat.

“Jadi hasil panen ini diharapkan bukan saja dinikmati oleh warga Balikpapan, namun bisa juga menjadi sentral bawang merah untuk kebutuhan masyarakat Kaltim,” ujar Rizal Effendi dalam sambutannya.

Rizal Effendi juga berpesan kepada para kelompok tani ini agar tidak menjualnya kepada tengkulak atau yang dikenal dengan sistem izon.

“Jadi bapak ibu sekalian jangan terpengaruh dengan iming iming dari tengkulak. Misal diimingi hand Phone atau TV, bapak ibu menjualnya kepada mereka. Saya berharap agar ini diperhatikan,” ujar Walikota lagi.

Lebih lanjut Rizal Effendi mengatakan, untuk bawang putih sendiri di Indonesia saat ini masih didatangkan dari luar negeri.

“Memang sangat memprihantinkan. Bahwa bawang putih yang ada di Indonesia sejauh ini didatangkan dari Cina. Angkanya juga sangat besar. Ada sembilan puluh persen bawang putih didatangkan dari Cina. Dan sepuluh persennya berasal dari Indonesia. Ini luar biasa, kita masih mendatangkan bawang putih dari luar negeri ,” ujar Rizal Effendi lagi.

Pada kesempatan yang sama, acara ini juga dilakukan penandatanganan, antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan Kelompok Tani Hikma dengan disaksikan Walikota Balikpapan Rizal Effendi, sejumlah pejabat Pemkot Balikpapan dan beberapa anggota DPRD.

Usai melakukan penandatanganan, Rizal Effendi dan Suharman Tabrani melakukan peresmian gudang penyimpanan dan pengasapan bawang merah dan diakhiri dengan melakukan panen raya yang lokasi tak jauh dari gudang tersebut.(*)

Penulis : Alfian Tamzil