Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan 

PLN bangun kolam pemijahan budidaya Lele di Desa Bukit Raya

CAHAYAKALTIM.com–Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menghidupkan usaha kecil dan menengah (UKM) PT Perusahan Listrik NegaraLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mengadakan program bantuan bina lingkungan bagi masyarakat.

Menurut Manager PT PLN Sektor Mahakam, Untung Budi Wododo, kegiatan bina lingkungan ini untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.

“Semoga bantuan ini bisa menjadi pelatuk penggerak roda perekonomian bagi masyarakat Desa bukit raya khususnya yang bergelut dibidang pemijahan dan budidaya lele, ” kata Untung, saat peluncuran bantuan Bina Lingkungan untuk Masyarakat di Desa Bukit Raya Kecamatan Tanjung Batu, Kutai Kartanegara, Kamia (9/11/2017).

Bantuan dalam bentuk penyediaan kolam pemijahan lele dan peralatan pendukungnya. Dimana secara simbolis diberikan Untung kepada Ketua Kelompok Budidya Ikan Budiono yang diaaksikan langsung Kepala Dinas Perikanan Kutai Kertanegara Armeinda dan Kepala Desa Bukit Raya, Sutardi.

Dikesempatan tersebut, Kadis Perikanan Kukar, Armin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PLN dalam memajuka perekonomian masyarakat disektor perikanan.

“Program bantuan seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan dan masyarakat penerima bantuan juga bisa memanfaatkan dan mengembangkan bantuan di sektor perikanan ini semaksimal mungkin agar hasil yang didapatkan dari perikanan semakin menjanjikan untuk digeluti oleh masyarakat,” kata Armeinda sapaan akram Armrin

Senada juga diungkapkan Kepala Desa Bukit Raya, Sutardi mengingkapkan, program yang digagas PLN ini juga sejalan dengan program yang telah dicanangkan Desa Bukit Raya bersama Kementrian Desa, yaitu membangun Desa Lele.

“Cita-cita kami adalah membuat desa ini identik dengan usaha lele, dari hulu sampai hilir. Itulah kenapa kita mulai dari pembibitan lele dulu,” kata Sutardi.

Dia berharap, program sosial yang dilakukan PLN ini bisa berkelanjutan dan memungkinkan untuk mengembangkan potensi lain seperti pembesaran lele, bahkan mungkin pengolahan produk akhir seperti fillet lele.

Sementara itu, Ketua Kelompok penerima bantuan ini, Budiono mengaku senang dengan keberadaan program bina lingkungan PLN di Desanya. Untuk itulah, dia akan memaksimalkan untuk memelihara dan mengelolah apa yang sudah diberikan oleh PLN.

“Terima kasih kepada PLN yang sudah membantu pemberian kolam pemijahan lele ini. Bantuan ini bisa membantu warga maupun peternak ikan bisa lebih mengembangkan usaha pemijahan lele bisa menjadi lebih baik karena besarnya permintaan terhadap bibit lele selama ini tidak bisa kami penuhi karena keterbatasan kolam yang ada,” ujar Budiono.

Manager sektor Mahakam Untung kembali menambahkan, selain bantuan yang diberikan di Desa Bukit Raya PLN melalui PLN Sektor Pembangkitan Mahakam sebelumnya juga telah memberikan bantuan pos pantau dan media tranplantasi untuk terumbu karang di Desa Pangempang Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kertanegara.

“Total bantuan yang sudah PLN salurkan tahun ini melalui PLN Sektor Pembangkitan Mahakam sekitar 135 juta Untuk dua Desa yaitu Desa Pangempang dan Desa Bukit Raya,” tutup Untung.

Setelah penyerahan secara simbolis PLN juga melakukan sosialisasi tentang tips menggunakan listrik dan pengamanan listrik saat terjadi bencana baik minor maupun mayor sebagai bagian dari edukasi PLN terhadap masyarakat. (***)

Editor : Michael M

Berita Terkait