Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan 

PLN Resmikan Gardu Induk Petung

PENAJAM PASER UTARA, CAHAYAKALTIM.com—PT PLN (Persero) Wilayah Kalimatan Timur dan Utara menambah kapasitas listrik dengan mengoperasikan Gardu Induk (GI) dengan total daya sebesar 150 kiloVolt (kV), di Desa Petung, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (9/1/2018).

Direktur Bisnis PT PLN Regional Kalimantan Machnison dan Bupati PPU, Yusran Alpian meresmikan secara langsung pengoperasian GI tersebut, sekaligus pemancangan pertama pembangunan transmisi 150 kilo Volt.

Machnizon mengatakan, dengan tambahan trafo ini, dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan dan menambah kapasitas pasokan listrik di Kaltim. Selain itu, berharap bisa meningkatkan dan membuka peluang baru bisnis dan ekonomi di Kaltim.

“Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dari PLN, memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk memajukan usahanya di Kaltim tanpa,” kata Machnizon.

Pada Sistem Mahakam saat ini, beban puncak Sistem Mahakam berkisar 370 MW dan daya pasok sebesar 520 MW. Kondisi kelistrikan pada Sistem Mahakam saat ini surplus 200 MW.

Dimana daya tersebut, merupakan cadangan daya yang diperoleh dari PLTU Teluk Balikpapan sebesar 110 MW dan surplus daya sebanyak 90 MW di Sistem Mahakam yang mengaliri empat daerah di Kaltim, yaitu Balikpapan, Samarinda, Tenggarong (Kutai Kartanegara), dan Bontang. (***)

Penulis : Michael M

Editor : Mailangkay M

Berita Terkait