Berita Headline Berita Terkini Ekobis Hukum 

Polda Kaltim buat pemetaan pantau harga pangan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Menindaklanjuti instruksi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian, agar kepolisian ikut berperan dalam menjaga stabilitas harga pangan jelang bulan suci Ramadan di setiap daerah, maka Polda Kaltim membentuk struktur tim atau satgas pemantau stabilitas harga pangan.

Tim tersebut nantinya siap menindak dan menghalau spekulan yang mencoba memanfaatkan momen hari besar keagamaan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi, Ade Yaya Suryana mengatakan, keterlibatan polisi mengawasi masalah pangan bukan tanpa alasan. Karena, bila terjadi gejolak harga pangan bisa mengganggu terhadap stabilitas sebuah daerah.

“Tim atau satgas dibentuk sebagai penegakan hukum yang dipimpin Direskrimsus. Ini dilakukan untuk mwngatasi ada yang melakukan penimbunan sembako sehingga menyebabkan lonjakan (harga),” kata Ade Yaya, Rabu (10/5/2017) kepada cahayakaltim.com.

Dia menjelaskan, tim satgas tersebut terbagi dua kategori. Kategori pertama, tim yang akan bergerak secara represif menindak para spekulan. Tim kedua bergerak secara preventif.

“Ini juga sebuah bentuk peringatan kepada para pengusaha agar tidak bermain curang. Dan kami sudah menginstruksikan ke semua jajaran Polres juga membentuk satgas pemantau harga dan melakukan pemetaan,” ujar Ade Yaya. (*)

Penulis : Michael M

Editor : M Mailangkay

Berita Terkait