Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Polda Kaltim perketat pengamanan perbatasan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Pasca ditembak matinya pimpinan ISIS Marawi di Filipina Selatan beberapa hari lalu, Polda Kaltim memberangkatkan 3 SSK ke perbatasan Indonesia – Filipina.

Pemberangkatan 3 SSK ini dilepas melalui upacara yang digelar di Lapangan SPN Polda Kaltim, Balikpapan, Rabu pagi (19/10/2017).

Upacara pelepasan pasukan 3 SSK ini dipimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Safaruddin dan dihadiri pula Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Noufal serta hadir pula seluruh pejabat utama di lingkungan Polda Kalimantan Timur.

Ke 3 SSK ini merupakan anggota dari Polres Tarakan, Polres Nunukan dan Polres Berau yang akan melakukan pengamanan perbatasan selama 14 hari ke depan.

“Pengamanan sengaja kami lakukan guna mengantisipasi berdatangannya pengungsi dari Filipina,” ujar Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin kepada sejumlah wartawan usai mengikuti upacara.

Safaruddin juga menyebutkan, selain memberangkatkan 3 SSK  juga ada satuan lain ikut membantu, yaitu di Polair dan Sabara. Mereka akan bertugas mengawasi masuk nya pelarian Filipina yang berpotensi masuk melalui Nunukan, Tarakan dan Berau.

Jenderal dua bintang ini juga menyebut, selain meningkatkan pengamanan di perbatasan, jajaran di wilayah lain juga turut ditingkatkan.

“Saya sudah perintahkan Polres Polres lain untuk meningkatkan kewaspadaan. Seperti melakukan patroli rutin dan melakukan razia razia,” ujar Safaruddin lagi.

Usai mengikuti upacara, Saparuddin didampingi seluruh pejabat utama Polda Kaltim melihat langsung senjata berbagai jenis lengkap dengan segala alat pelindung dan peralatan lainnya.

Pada kesempatan ini Kapolda menyempatkan diri untuk mengenakan rompi anti peluru serta teropong yang mampu menembus pandangan dalam keadaan gelap. (*)

Penulis : Alfian Tamzil.

Editor : Michael M

Berita Terkait