Berita Headline Berita Terkini Sosok 

Polwan Polda Kaltim kuasai empat bahasa asing

polwanBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Berparas ayu dan memiliki senyum manis itu, ketika mengenakan pakaian dinas polisi, kesan wibawa bertambah. Polisi wanita (polwan) berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) ini rupanya jago empat bahasa asing. Paling aktif bahasa inggris. Jerman, Korea dan Jepang masih pasif dan proses belajar.

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Valentine Fitria Dwi Rosmawati (21) suka otak-atik mengoperasikan komputer. Hingga akhirnya terbawa sampai sekarang. Pengoperasiannya banyak menggunakan bahasa inggris.

Nah, dari sanalah, anak kedua dari tiga saudara itu mulai belajar bahasa inggris pula. Berkat ketekunannya, penghobi olahraga renang dan belum menikah ini, mulai kecanduan hingga akhirnya aktif bahasa inggris.

“Kalau Jerman, Korea dan Jepang masih pasif,” tuturnya tersenyum di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim, tempat dia bertugas sekarang.

Lulus polisi 2014, angkatan 43 ini rupanya mendaftar di Jawa Timur dan ditempatkan dinas pertamanya di Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Obvitnas) di Polda Kaltim. Kurang lebih setahun disana, pindah ke SPN.

Menjadi polisi rupanya karena kesehariannya takjub melihat ibu, yang juga anggota Polwan dan berdinas di Malang, Jawa Timur. Ayahnya, juga anggota polisi.

Tapi kala itu, dia tak diharuskan jadi polisi, malahan ingin menjadi guru. Sebab, lulus SMA 4 Malang, Valentine kuliah di Universitas Negeri Malang. “Mau jadi guru, tapi setahun kemudian ingin jadi polisi, daftar langsung keterima,” kenangnya.

Ibu merupakan inspirasinya. Apalagi saat mengenakan seragam polisi membuatnya bangga dan ingin seperti ibunya. “Kalau di polisi nanti bisa jadi guru pengajar,” katanya tertawa lepas.

Nama Valentine identik dengan hari kesayangan, 14 Februari. Namun, dirinya lahir 1 Maret 1995. Ada ceritanya, saat itu, ibunya memprediksi lahir tanggal 14 Februari dan telah menyiapkan nama tersebut.

“Tapi lahirnya malahan lebih dari tanggal 14 februari, namanya tetap dipakai” ucapnya tersenyum lagi.

Ketika libur berdinas, waktu dimanfaatkan untuk di mess Polwan. Aktivitasnya seperti membaca, main komputer kadang pula bersama teman-teman jalan ke mal dan salon.

Untuk para remaja, valentine berpesan agar menjauhi narkoba dan tetap semangat menggapai cita-cita. Karena semua pasti bisa, tidak ada yang tidak bisa.”Jangan pantang menyerah,” pintanya.

Berita Terkait