Berita Terkini Ekobis 

Ramadhan, BI sediakan Rp 1,5 miliard perhari

BALIKPAPAN.CAHAYAKALTIM.com–Sudah menjadi tradisi warga kota Balikpapan, apabila menyambut Hari Raya Idul Fitri seolah tak lepas dengan pecahan uang baru.

Pecahan uang baru ini biasanya digunakan warga untuk diberikan kepada sanak saudara ataupun pada anak anak yang bertamu  dari rumah ke rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan warga yang ingin menukarkan uangnya dengan uang baru, Kantor Perwakilan Bank Indonesia sudah menyiapkannya. Di mana jumlah uang yang disediakan mencapai Rp 1,5 miliard setiap harinya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Suharman Tabrani mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan uang baru itu dengan berbagai macam pecahan. Mulai dari pecahan Rp 100.000  hingga pecahan Rp 2000.

“Uang baru yang paling banyak ditukarkan itu adalah pecahan uang sepuluh ribu dan uang pecahan lima ribu. Biasanya sih uang itu untuk dibagi bagikan,” ujar Suharman Tabrani.

Lebih lanjut Suharman mengatakan, intensitas penukaran uang pecahan baru yang paling tinggi adalah di minggu ke 3 bulan puasa.

“Ya, di minggu ke tiga Ramadan hingga menjelang akhir Ramadan,di situlah banyak warga yang menukarkan uangnya,” ujarnya.

Sedang untuk penukaran uang pecahan baru sebelum minggu ke 3 Ramadan, boleh dikatakan lumayan tinggi. Angkanya mencapai Rp 600.000.000 hingga Rp 700.000.000 setiap harinya. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait