Berita Terkini Pendidikan 

Ratusan Mahasiswa Unmul praktek di Balikpapan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas Universitas Mulawarman Samarinda menghadiri acara penyambutan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang digelar di Aula Pemkot Balikpapan, Jumat siang (08/07/2017).

Hadir pada acara penyambutan para mahasiswa KKN itu diantaranya Staf Ahli Bidang Pemerintahan Arbain Side, sejumlah camat dan lurah serta pimpinan Puskesmas yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN itu sebanyak 189 mahasiswa dari berbagai fakultas.

Mereka nantinya akan ditempatkan di 17 kelurahan yang ada di Balikpapan. Dimana setiap kelurahan akan ada 8 hingga 9 mahasiswa.

Koordinator Wilayah Reguler Balikpapan Rahman Aljuliansyah mengatakan, kegiatan KKN ini nantinya akan melakukan beragam kegiatan sosial. Seperti penyuluhan kepada warga tentang pentingnya hidup sehat dengan menjaga sanitasi. Bahaya narkoba serta mengaktifkan ibu ibu PKK.

“Kegaiatan kami pada KKN di Balikpapan ini lebih condong ke pembangunan. Salah satunya membangun kembali kegiatan ibu ibu PKK yang di beberapa daerah peranan ibu ibu PKK saat ini terkesan ditinggalkan,” ujar Alijuliasyah yang juga mahasiswa semester akhir Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman tersebut.

Sementara itu ketua Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (P2M) Mandiri Universitas Mulawarman, Prof DR Susilo mengatakan, KKN ini dinilai penting dan wajib diikuti, karena program KKN ini pula masuk ke mata kuliah dengan jumlah bobot 3  SKS.

Prof Susilo juga berpesan agar selama mengikuti KKN  menjaga nama baik kampus dan mampu beradaptasi dengan warga di mana para mahasiswa ini mengikuti KKN.

“Bahasa di kampus itu berbeda dengan di luar. Kalau sesama mahasiswa kalian biasa berkomunikasi. Nah berbeda jika kalian berkomunikasi dengan warga. Jadi ini yang perlu dijaga,” ujar Susilo.

Ia juga menambahkan dari ribuan mahasiswa yang mengikuti KKN tahun ini yang tersebar di berbagai kelurahan dan desa yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, pasti akan ditemukan mahasiswa mahasiswa dari universitas lain yang juga mengikuti KKN.

“Kalian jangan minder. Karena nanti di lapangan kalian akan menjumpai sejumlah mahasiswa yang juga mengikuti KKN. Mereka dari Universitas Indonesia dan ada pula dari UGM. Kalian jangan minder, karena kampus ini memiliki aktedtasi A,” pungkasnya.

Program KKN Universitas Mulawarman angkatan 43 tahun 2017 ini akan berlangsung selama 2 bulan, yang dimulai sejak 1 Juli hingga 31 Agustus yang akan datang. Di mana selama masa KKN nanti para mahasiswa ini sengaja diterjunkan langsung di tengah tengah masyarakat. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait