Balikpapan Berita Headline Berita Terkini 

Rustam Jaseli : Penanggulangan Banjir Harus Utuh, Kajian Mesti Komprehensif

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Persoalan penanganan banjir di Kota Balikpapan menurut Anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Rustam Jaseli belum maisimal. Meski 2018 lalu gencarnya penanggulangan banjir ditunjukkan melalui perbaikan sejumlah drainase, namun sampai kini banjir masih saja terjadi di sejumlah titik di kota Balikpapan.

“Penanggulangan ini dianggap masih belum utuh, karena persoalan banjir tidak bisa diatasi setengah-setengah,” kata Rustam Jaseli

Rustam Jaseli. (Image by echi/cahayakaltim.com)

Lebih lanjut Rustam menerangkan, kajian yang dilakukan untuk penanggulangan banjir haruslah dilakukan secara komprehensif. Atau bisa dibilang bukan hanya kajian pembangunan untuk jangka pendek saja tapi lebih pada jangka panjang.

“Harus benar-benar dikaji untuk jangka panjang. Kalau untuk banjir ini tidak bisa jangka pendek saja, karena kajiannya tidak bisa kalau hanya hilir saja atau hulu saja. Jadi dari satu kesatuan tersebut harus dipikirkan,” ungkap Rustam.

Dirinya mencontohkan, penanggulangan banjir yang sudah dikerjakan namun akhirnya berubah lantaran ada bangunan baru atau perumahan baru. Seperti beberapa peninggian jalan yang dilakukan, nyatanya tidak hanya menanggulangi banjir malah memindahkan banjir.

“Seperti di jembatan Damai yang dulunya banjir, sekarang pindah ke depan Giant MT haryono. saya sempat bertanya tentang studi kelayakan dari mana air asalnya. Disepakati, apabila pembebasan lahan itu terlalu lama, maka sebaiknya dibuat gorong-gorong yang besar,” ujar Anggota DPR Balikpapan Pengganti Antar Waktu yang belum lama dilantik tersebut.

Selain itu antisipasi banjir ini sebenarnya lebih baik jika dilakukan bukan saat musim hujan, namun pada musim kemarau. Karena pada saat kemarau akan lebih nyaman mengatasi banjir.

“Untuk mencari titik titik nya di mana memang akan terlihat saat hujan, tapi untuk pembenahan akan lebih mudah dilakukan saat musim kering,” tutupnya. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait