Berita Terkini Sosok 

Sabaruddin, anak nelayan hingga Parlemen

SabaruddinBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Banyak orang yang diawal kehidupannya berangkat dari kalangan orang biasa, hingga dikenal sebagai politisi kawakan. Hal ini seperti yang dialami oleh Sabarudin Panrecalle, Wakil Ketua DPRD Balikpapan.

Kepada cahayakaltim.com, Sabarudin berbagi cerita tentang kehidupannya. Ia adalah anak seorang nelayan yang bermukim di kawasan Manggar. Sedari kecil ia tergolong anak yang pandai di sekolahnya.

Bahkan saat di bangku kuliahpun ia termasuk sebagai mahasiswa berprestasi. Saat itu ia mengambil Fakultas Sastra Inggris Universitas Balikpapan.

Bahkan ia terpilih sebagai mahasiswa asal Balikpapan yang mengikuti pertukaran pelajar di Australia. Tentu untuk lolos sebagai peserta pertukaran pelajar tidaklah mudah.

“Saat seleksi awal di Samarinda waktu itu, ada tiga ratusan orang. Dan Alhamdulillah hanya saya yang lolos,” ujar Sabarudin.

Tak hanya mengikuti tes di tingkat provinsi, setelah ia dinyatakan lulus di Samarinda, ia pun kembali menghadapi tes lagi di Jakarta. “Pesertanya ribuan. Materi ujiannya pun tentu tidak mudah. Dan Alhamdulillah, yang lolos hanya delapan belas orang saja dari seluruh Indonesia. Dan Alhamdulillah saya terpilih lagi,” paparnya.

Selama dalam kurun waktu 1 tahun, dari 1995 hingga 1996, Sabarudin menimba ilmu di Negeri Kangguru itu. Tentu banyak pengalaman serta materi pelajaran yang tidak didapatnya selama kuliah di negeri sendiri.

Saat ini Sabarudin Panrecalle, juga sukses di bidang politik. Ini dibuktikan dengan dua periode ia menjadi anggota DPRD Balikpapan. Periode pertama dari tahun 2009 hingga tahun 2014. Saat itu ia dari Partai Indonesia Sejahtera.

Sedang periode berikutnya, ia kembali terpilih sebagai wakil rakyat periode 2014 hingga 2019 dari Partai Gerindra.

Ada satu prinsip yang selalu ia emban di dalam kehidupannya, yakni teruslah bekerja dan bekarya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. “Prinsip saya adalah tidak ada kata terlambat untuk melakukan pekerjaan apapun,” pungkasnya.(alfian tamzil)

Berita Terkait