Bumi Etam 

SDN 007 terapkan pendekatan ekstra terhadap murid

Kepsek Farida SPd memberikan arahan kepada para murid. (alfian tamzil/cahayakaltim.com)
Kepsek Farida SPd memberikan arahan kepada para murid. (alfian tamzil/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Proses belajar mengajar di sekolah saat ini tidak hanya dilakukan saat proses belajar berlangsung, namun pendekatan individu antara, siswa, guru dan kepala sekolah mesti dilakukan.

Seperti yang dilakulan oleh SDN 007 Balikpapan Tengah. Sekolah yang terletak tak jauh dari Jembatan Maryati Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah ini, selalu melakukan pendekatan kepada anak didiknya.
Pendekatan tersebut sengaja dilakukan agar para guru mengetahui kondisi pelajar baik di sekolah maupun di rumah, sebab ini berdampak langsung pada siswa saat di sekolah.
“Kami selalu menanyakan para murid kami, apabila ada seorang murid kami terlihat murung saat proses belajar. Maka guru guru di sini bukan hanya mendidik saja, namun juga membimbingnya, agar para murid teratasi permasalahannya,” ujar Farida Spd, Kepala Sekolah SDN 007 Balikpapan Tengah, kepada cahayakaltim.com, Sabtu (26/3/2016)
Di sekolah ini juga selain melakukan pendekatan emosional, pihak sekolah juga selalu mengundang orang tua siswa setiap menjelang ujian.
Baik itu ujian mid-semester atau ujian semester, dengan harapan agar para orang tua siswa turut serta mengawasi anak anaknya dan ikut membantu anak belajar di rumah.
Penerapan proses belajar dan mengajar di SD negeri ini, selain mengutamakan seluruh mata pelajaran, juga ada beberapa kegiatan ekstra kurikuler.
Diantaranya pramuka dan drum band. Di hari Sabtu, seluruh siswa berkeliling mengitari luar sekolah untuk memungut sampah dan memasukan sampah.
“Ini sengaja kami lakukan pada semua siswa di sekolah ini, agar terbiasa disiplin dan SDN menciptakan budaya bersih di lingkungannya,” ujar Farida lagi. (alfian tamzil)

Berita Terkait