Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Selama 2018, BNN Balikpapan Rehabilitasi 181 Pengguna Narkoba

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Selama tahun 2018, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan telah berhasil membongkar 16 jaringan pengedar narkobadi wilayah kota Balikpapan.

“Terdapat sebanyak 250 butir ekstasi dan 1.095 gram sabu gagal di edarkan. Ada 24 tersangka. 23 pria dan 1 perempuan, 2 yang masih berkas sidik dan sebagian besar sudah dilimpahkan ke kejaksaan ,” kata Kepala BNNK Balikpapan Kompol Muhammad Daud, Jumat (21/12/2018) saat pers akhir tahun.

Selama Tahun 2018 sendiri, BNN Kota Balikpapan telah merehabilitasi 181 penyalahguna narkoba, yaitu dengan merehabilitasi rawat jalan, rujukan rawat inap, dan asesmen terpadu. “Merehabilitasi adalah upaya penyelamatan penyalahguna dari jerat Narkoba,” ujar Daud.

Kinerja BNNK Balikpapan di tahun 2018 ini sendiri akan semakin kuat lantaran dalam formasinya telah dilengkapi unit tambahan berupa unit K-9 anjing pelacak yang mampu mengendus narkoba dalam radius yang cukup jauh oleh si penyimpan barang haram tersebut .

“Setidaknya kerjasama oleh warga terkait memberikan informasi penyalahgunaan narkoba hingga peredaran narkoba di lingkungannya masing-masing juga sangat membantu kami dalam melakukan pencegahan dan penindakan terhadap bahaya narkoba,” jelasnya.

Dalam mengatasi permasalahan Narkoba, diperlukan strategi seimbang antara supply reduction dan demand reduction.
“Supply reduction bertujuan memutus mata rantai pemasok narkoba, sedangkan demand reduction adalah memutus mata rantai pengguna narkoba,” tutup Daud. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael m

Berita Terkait