Berita Headline Berita Terkini Kesehatan 

Seorang Warga Balikpapan Tertular Penyakit Difteri

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Pemerintah Kota Balikpapan secara mendadak menyatakan bahwa Kota Balikpapan saat ini sedang dilanda Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri.

Dimana, penyakit difteri adalah penyakit menular mematikan yang menyerang saluran pernafasan bagian atas (tonsil, faring dan hidung) dan kadang pada selaput lendir dan kulit yang disebabkan oleh bakteri yaitu Corynebacterium diphteriae. Semua golongan umur baik anakanak maupun orang dewasa dapat tertular oleh penyakit ini.

Seketaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Balerina di hadapan sejumlah wartawan di ruang Rapat II Kantor Pemkot Balikpapan, Rabu siang (03/01/2018).

Balerina mengatakan, KLB ini dinyatakan resmi oleh Pemerintah Daerah setelah Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan melakukan kordinasi secara intensif, setelah 1 orang warga Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat terserang Difteri.

“Berdasarkan prosedur jika ada seorang warga terserang Difteri, maka sudah dinyatakan keadaan luar biasa. Pasien ini dinyatakan positif setelah melakukan penelitian kultur di Surabaya, ” ujar Balerina, kepada cahayakaltim.com, Rabu (3/1/2018).

Untuk mencegah menyebarnya penyakit ini, Pemkot Balikpapan akan melakukan vaksinasi, pengobatan orang yang kontak dengan tertular dan melakukan sosialisasi hingga melakukan penyampaian laporan ke pemerintah provinsi dan Kementrian Kesehatan RI.

DKK Balikpapan akan melakukan langkah yang dilakukan secara bertahap dan akan melakukan vaksinasi, diutamakan di daerah yang tertular. Kemudian lalu ke daerah lain secara bertahap pula.

Melihat ketersediaan vaksin untuk penanganan pencegahan menggunakan dana tidak terduga. Seluruh biayanya ditangani pemerintah kota. Vaksinasi ini dilakukan terutama pada usia 19 tahun ke bawah.

“Kami juga juga menyebar Surat Edaran kepada puskesmas, camat dan lurah untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat mau
divaksin,” pungkas Balerina. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait