SMP Patra Dharma 2 Dukung Program Sekolah Ramah Anak

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com– Upaya Pemerintah Balikpapan dalam mempersiapkan sekolah sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA), mendapat dukungan dari pihak sekolah, seperti yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) SMP Patra Dharma 2, yang mana penerapan SRA sudah dilakukan sejak dahulu.

SRA sebagai sekolah yang menerapkan ramah dalam segala hal terhadap anak, termasuk tindak kekerasan, bullying, diskriminasi dan sebagainya. Juga penyediaan fasilitas untuk ibadah, kantin, perpustakaan dan lainnya yang menjadi kebutuhan anak-anak di sekolah.

Kepala Sekolah SMP Patra Dharma 2 Bambang Haryono mengatakan, konsep ramah anak sebenarnya sudah dilakukan di sekolah yang ia pimpin tersebut.

“Menuju sekolah ramah anak pada dasarnya di SMP Patra Dharma 2 ini sudah memberlakukan lama. Karena bagaimana pun kenyamanan anak sangat penting dalam proses belajar mengajar,” ungkap Bambang.

Selain melaksanakan kegiatan belajar-mengajar tanpa adanya unsur kekerasan adalah cara terbaik agar pelajaran bisa dengan mudah masuk kepada anak-anak.

Menurutnya, tujuan dari SRA bukan hanya untuk berkomunikasi dengan anak-anak, tapi juga bagaimana memadai dan memberi kebebasan bagi anak-anak untuk menciptakan kegiatan belajar yang positif.

“Di dalam maupun di luar kelas harus ada suasana positif untuk anak-anak. Dan sekolah ramah anak ini juga harus didukung dengan praktek ramah anak juga di luar sekolah misalnya di rumah atau di masyarakat,” jelasnya.

Sampai kini upaya pemaksimalan fasilitas terus dilakukan untuk mencapai SRA. Termasuk bekerjasama dengan pihak Komite Sekolah.

Menurut Bambang, tentunya orangtua mendukung pelaksanaan SRA karena menyangkut kebaikan putra-putri mereka.

Saat ini seluruh fasilitas tersebut sudah memadai di SMP Patra Dharma 2. Semua disiapkan demi sekolah ramah anak yang bisa memberi keleluasaan anak menikmati waktunya di sekolah. Karena sekolah adalah salah satu lingkungan di mana anak menghabiskan paling banyak waktunya tiap hari.

Sementara Rosa, salah seorang anggota Komite Sekolah mengaku senang dengan pelaksanaan SRA di sekolah anaknya. Karena itu pihkanya juga melaksanakan Gerakan Ramah Anak bersama pihak sekolah. Kegiatan yang dilakukan seperti olahraga dan makan bersama antara pihak sekolah dan orang tua siswa.

“Sekolah ramah anak ini harus didukung, apalagi jika sekolah bisa lebih perhatian kepada anak-anak. Kami juga berharap sekolah SMP Patra Dharma 2 bisa jadi salah satu contoh untuk sekolah lain dalam penerapan sekolah ramah anak,” ungkapnya. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait