Berita Terkini Bumi Etam Pendidikan 

Standardpen angkat budaya Indonesia lewat warna

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com
Mengambil tema Ceria Warna Nusantara, PT Standardpen Industries mengangkat budaya Indonesia yang kaya akan warna seperti Pascola. Hal ini yang menjadi latar belakang perusahan tersebut menggelar lomba mewarnai Nasional Pascola di Gedung KNPI Balikpapan, Minggu (21/5/2017).

Diikuti ratusan anak TK Balikpapan, kegiatan mewarnai ini merupakan bentuk kepedulian Standardpen terhadap budaya Indonesia yang kaya dengan warna seperti warna Pascola.

“Dengan lomba mewarnai ini kami ingin mengenalkan budaya, ikon Nusantara yang berbeda-beda dan berwarna, ujar Niken D. Mahanani, Marketing Manager PT Standardpen Industries, dalam release-nya, kepada cahayakaltim.com.

Niken menambahkan, mewarnai merupakan pendidikan dasar bagi anak dalam menambah wawasan sekaligus mengasah motorik anak untuk lebih kreatif.

Tujuan dari lomba ini agar anak-anak lebih kreatif lagi dalam berkarya, apalagi yang diwarnai adalah simbol-simbol budaya Indonesia, ujar Niken.

Sebagai perwakilan Indonesia, anak-anak akan mewarnai simbol-simbol dari tiga provinsi yakni, Sumatera, Bali, dan Jawa.

Masing-masing lomba di tiap kota diikuti sekitar Ratusan hingga ribuan anak. Dari jumlah itu akan ada 16 pemenang utama dari 16 kota. “Artinya, setiap kota akan diambil satu pemenang yang akan menikmati hadiah paket liburan keluarga ke Bali bersama dua pendamping, yaitu ayah dan ibu mereka,” kata Niken.

Anak-anak Balikpapan berkesempatan mewarnai rumah adat Minangkabau dan pakaian adat Minang sama dengan Medan & Makassar. Berbeda dengan Semarang yang mewarnai Borobudur, Bali tentang Budaya Bali.

“Kami ingin anak-anak Indonesia lebih mengenal lagi tentang budaya daerah-daerah lainnya. Setidaknya dengan hal sederhana ini kami berupaya membantu dunia pendidikan yang lebih membumi dan menumbuhkan rasa cinta mereka pada budaya Indonesia,” papar Niken.

Lomba Mewarnai Ceria Warna Nusantara akan digelar sepanjang bulan April-Agustus di 16 kota dari 14 Provinsi, yakni Semarang, Malang, Bali, Tasikmalaya, Surabaya, Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Bandung, Lampung, Medan, Padang, Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Batam.

Pascola merupakan oil pastel pertama yang diproduksi di Indonesia oleh PT Standardpen Industries. Bukan hanya alat mewarnai, Pascola dipastikan aman dan nyaman bagi anak-anak.

Pascola memiliki komitmen untuk memenuhi unsur keamanan dan kenyamanan, mengingat oil pastel ini bebas bahan berbahaya (non toxic) dan mengandung bahan pewarna makanan (foodgrade) sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Pascola dibikin dengan formula yang telah teruji secara klinis oleh Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) Departemen Perindustrian. (adv)

 

Editor : Michael M

Berita Terkait