Berita Headline Berita Terkini Hiburan Kodam Mulawaran Komunitas 

Tampil Pakai Seragam TNI, Group Marawis jadi Terkenal

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sejumlah prajurit dari Yonzipur 17 Ananta Darma sering menjadi perhatian, tatkala tampil membawakan syair-syair shalawat Nabi lengkap dengan sarana alat musiknya.

Kelompok Maulud Habsy bernama Marawis Yonzipur 17 Ananta Darma ini selalu tampil di berbagai tempat tempat, mulai dari masjid hingga berbagai tempat lainnya. Khususnya disaat momen perayaan hari hari besar Islam, seperti saat Maulid Nabi, perayaan Isra Miraj dan perayaan tahun baru Islam

Komandan Yonzipur 17 Ananta Darma, Letkol CZI Adang Purnama mengatakan, kelompok Marawis yang dibinanya ini sudah berdiri sejak tahun 2012 yang lalu. “Kelompok Marawis kami sudah aktif sejak lima tahun yang lalu,” ujar Adang kepada cahayakaltim.com.

Marawis Yonzipur 17 Ananta Darma ini beranggotakan 14 prajurit. Di mana anggotanya sendiri terdiri dari Serka Sutarta, Sertu Riki Midiansyah, Kopda Bisril Mustofa, Kopda Ahmad Rifai, Praka Miabahul Munir, Praka Heri Eko.C, Praka Ahmad Mudaris, Praka Ismail, Praka Taryudi, Pratu M.Mukib, Pratu Zainul, Pratu Eko widiyanto, Prada Syahrul dan Prada Lutfi Rizaldi.

Yang menarik dari kelompok mauludan ini adalah pakaiannya. Di mana setiap kali tampil, mereka mengenakan seragam TNI. Kadang mengenakan seragam PDL atau seragam PDH, mengenakan peci dan syal, yang tentu saja berbeda dengan kelompok Mauludan yang ada pada umumnya.

Adang Purnama juga mengutarakan, bahwa kelompok marawisnya ini bukan hanya berkeliling tampil di Balkkpapan. “Ya, beberapa waktu lalu kami juga pernah tampil di Samarinda.” ujar perwira Alumni Akmil tahun 2000 ini.

Kelompok marawis ini juga memiliki agenda rutin setiap minggunya. Mereka selalu melakukan latihan dan sekaligus melakukan pengajian di setiap selesai sholat Jumat. “Kami rutin mengadakan pengajian dan Mauludan habis Jumatan di Masjid Sudirman, yang lokasinya di kompleks kami ini juga. Dan kami selalu membaca Surat Yasin bersama setelah Jumatan,” ujar Adang Purnama lagi.

Selain mengenakan PDL atau PDH saat tampil, kelompok Mauludan ini juga hafal beberapa syair Mauludan. Dengan suara pembawa syair yang merdu ditambah dengan alunan musiknya yang khas, menjadikan kelompok Mauludan ini cukup dikenal di berbagai kelompok pengajian yang ada di Balikpapan dan Samarinda. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait