Berita Headline Berita Terkini Komunitas 

Telkom Kalimantan berikan bantuan pada kaum disabilitas

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Puluhan kaum disabilitas mendapatkan berbagai sarana alat bantu yang dilaksanakan di ruang Learning Event Area Kantor PT Telkom Kalimantan, Jalan MT Haryono Balikpapan, Selasa (12/12/2017).

Pemberian berbagai alat bantu bagi disabilitas itu diantaranya alat bantu dengar bagi kaum tuna rungu. Alquran digital yang diberikan kepada kaun tuna netra dan kaki palsu yang diberikan kepada mereka yang kakinya tidak normal, baik akibat kecelakaan ataupun karena amputasi  akibat suatu penyakit atau cacat sejak lahir.

Pemberian sarana alat bantu bagi kaum disabilitas ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh CSR PT Telkom Kalimantan bekerja sama dengan Kick Andy Foundation. Sebuah yayasan yang sudah 10 tahun belakangan fokus kepada penyandang disabilitas.

Executive Vice President PT Telkom Kalimantan, Edwin Aristiawan mengatakan, bahwa pemberian bantuan bagi kaum disabilitas salah satu program CSR PT Telkom bertajuk Program Telkom Disable Care ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PT Telkom pada tahun 2017 ini. Berupa pemberian 20 unit alat bantu dengar, 20 Alquran digital  dan 20 kaki palsu.

“Ini sebagai wujud kepedulian PT Telkom kepada masyarakat Indonesia, salah satunya memberikan bantuan kepada saudara saudara kita penyandang disabilitas ini,” ujar Edwin dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan bahwa pembagian kaki palsu kepada masyarakat Indonesia ini sendiri diharapkan dapat sedikit meringankan beban yang dialami para penyandang disabilitas yang ada di Indonesia. “Dan kepedulian PT Telkom ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat serta produktifitas kehidupan yang dijalani para penyandang disabilitas yang ada di Indonesia saat ini,” ujarnya.

Pemberian bantuan bagi kaum disabilitas ini juga merupakan agenda Kick Andy Foundation,  yang sejak berdirinya pada tahun 2008 silam, sudah ada 4300 kaki palsu yang dibagikan, salah satunya dengan menggandeng PT Telkom sebagai penyandang dana. Dimana kala itu Kick Andy Foundation mengagendakan gerakan 1000 kaki palsu secara gratis kepada masyarakat Indonesia di berbagai wilayah yang ada di nusantara.

Tidak hanya itu PT Telkom Indonesia juga berharap dengan adanya kegiatan Telkom Disable Care seperti yang dilakukan ini, dapat diterima keberadaannya di masyarakat dan dapat lebih dekat lagi dengan masyarakat.

“Ini sebagai bukti bahwa PT Telkom Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara tidak hanya mencari keuntungan semata namun juga ikut turut  membangun bangsa Indonesia dengan cara membantu dan memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat yang ada di Indonesia, salah satunya seperti kegiatan hari ini,” ujar Edwin lagi.

Pada kesempatan ini, Edwin bersama Ketua Harian Kick Andy Foundation, Ali Sadikin,  berkesempatan untuk memberikan langsung secara simbolis kepada perwakilan kaum disabilitas itu. Bahkan Edwin tak sungkan sungkan untuk memasangkan kaki palsu kepada 2 orang anak.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Kick Andy Foundation, Ali Sadikin mengatakan,  bahwa Kick Andy Foundation ini merupakan yayasan non profit yang sudah berdiri 9 tahun yang lalu.

Targetnya adalah langsung menyentuh kepada masyarakat Indonesia yang mengalami cacat di bagian kaki.

“Program pemberian kaki palsu gratis ini sudah kami gaungkan sejak tahun 2008 silam. Awalnya tajuk 1000 kaki palsu gratis. Namun sekarang sudah ada 4300 kaki palsu yang kami bagikan kepada masyarakat Indonesia. Di Kaltim ini tidak menutup kemungkinan akan diadakan lagi, mungkin bisa saja nanti di Kutai Kartanegara, Samarinda atau kota kota lain yang ada di Kaltim,” imbuh Ali Sadikin.

Program Telkom Disable Care ini rupanya bukan satu satunya program CSR yang dilakukan. Sebelumnya PT Telkom Kalimantan telah melakukan pembinaan kepada UMKM dengan cara memberikan bantuan pinjaman.

“Jadi bisa saja nanti bagi kaum disabilitas ini akan mendapatkan bantuan berupa bantuan kredit bagi mereka yang ingin melakukan usaha UMKM,” pungkasnya.(*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait