Berita Headline Berita Terkini Politik 

Tentukan Dapil, KPU ajak Pengurus Parpol Bahas Bersama

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sejumlah pengurus Partai Politik peserta Pemilu mengikuti rapat yang diselenggarakan di Hotel Grand Tjokoro Balikpapan, Rabu siang (27/12/2017).

Rapat yang diprakarsai Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan itu selain dihadiri oleh pengurus partai, juga hadir Asisten I Pemkot Balikpapan, perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sejumlah perwakilan dari Kecamatan dan Kelurahan serta hadir pula dari Kodim 0905 Balikpapan dan Lanud Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha Spd SH mengatakan, rapat ini sengaja digelar agar ada kesepahaman antara pengurus partai dan KPU tentang penataan daerah pemilih serta alokasi jumlah kursi dari setiap daerah pemilihan atau Dapil.

“Jadi rapat ini sengaja dilakukan agar ada satu pemahaman antara KPU dan pengurus parpol mengenai penataan Dapil dan alokasi penataan jumlah kursi di setiap Dapil,” ujar Noor Thoha kepada sejumlah awak media.

Noor Thoha juga mengatakan, rapat ini bertujuan untuk mencegah adanya perselisihan akibat tidak pahamnya penataan Dapil dan alokasi jumlah kursi di setiap Dapil.

“Jadi jangan sampai nanti ada ketika sudah ditetapkan ada yang protes. Jadi rapat ini tujuannya adalah perlu adanya satu pemahaman, satu pemikiran antara KPU dan Parpol,” ujar Thoha lagi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang digelar KPU dengan mengundang pengurus Parpol untuk membahas penataan Dapil dan penentuan alokasi jumlah kursi di setiap Dapil.

“Makanya kegiatan ini berulang ulang kami lakukan, supaya pengurus parpol mengerti penataan Dapil seperti ini, cara perhitungan suara seperti ini, cara mealokasikan jumlah kursi seperti ini. Ketika sudah clear kita ajukan ke KPU RI melalui KPU Provinsi. Jadi yang menetapkan itu nanti adalah KPU RI,” papar Noor Thoha.

Untuk Balikpapan sendiri memiliki Dapil yang jumlahnya sama dengan jumlah kecamatan yang ada di Kota Balikpapan, yaitu berjumlah 6 kecamatan dan 6 Dapil.

“Kalau di Balikpapan kan satu kecamatan satu Dapil. Ini berbeda dengan daerah lain yang ada di Kaltim. Di mana satu Dapil bisa ada dua atau tiga kecematan,” imbuh Noor Thoha lagi.

Noor Thoha juga mengatakan, untuk menentukan jumlah suara dari setiap kursi itu didapat dengan mencari Bilangan Pembagi Penduduk. Bilangan Pembagi Penduduk ini didapat dari jumlah alokasi kursi yang ada di DPRD Kota Balikpapan yaitu 45 kursi dibagi jumlah seluruh penduduk yang ada di Balikpapan.

“Kan jumlah penduduk Balikpapan antara lima ratus ribu hingga satu juta. Jumlah kursinya di DPRD 45 tuh. Nanti kalau sudah dibagi dengan jumlah penduduk ketemu berapa. Nah setelah ketemu Bilangan Pembagi Penduduk, baru kita lihat penduduk di setiap kecamatan, nanti ketemunya berapa kursi di setiap Dapil,” pungkas Noor Thoha.

Kegiatan rapat seperti ini nantinya akan digelar kembali oleh KPU dalam waktu dekat ini. Tujuannya tak lain agar para pengurus Parpol sudah benar paham tentang pendataan Dapil dan penentuan alokasi kursi di setiap Daerah pemilihan. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait