Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

Terbitkan uang baru, BI cemas rakyat tak perlu cemas

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Bank Indonesia telah meluncurkan 11 uang pecahan baru emisi tahun 2016 secara serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Selasa (20/12/2016).

Uang baru yang diterbitkan itu berjumlah 11 jenis. 7 uang berjenis kertas dan 4 uang jenis logam. Dan peluncuran uang baru ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan pemerintah sejak Indonesia merdeka.

“Biasanyakan BI neluncurkan uang baru dengan satu uang baru saja. Nah ini baru pertama kalinya BI meluncurkan uang baru dengan menerbitkan sebelas uang baru,” ujar Edi Wijaya, Kepala Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan.

Peluncuran uang baru ini khusus di wilayah Balikpapan hanya berjumlah Rp 10.010.500.000,-. Hal ini memang sengaja dilakukan oleh Bank Indonesia untuk memperkenalkan uang baru kepada masyarakat.

“Kami melayani penukaran uang baru ini kepada masyarakat. Dan kami melakukan dengan cara mengunjungi masyarakat langsung melalui outlet mobile kami di Pasar Inpres Kebun Sayur pagi ini. Silahkan masyarakat jika ingin menukarkan uangnya dengan yang baru,” ujar Edi lagi.

Ia juga mengatakan, bahwa setelah Bank Indonesia menerbitkan uang baru tersebut, masyarakat tak perlu cemas. Sebab uang lama emisi sebelumnya masih berlaku dan tetap menjadi alat pembayaran yang syah. “Masyarakat tak perlu cemas. Sebab uang yang lama masih berlaku. Bahkan masa berlaku uang lama itu sampai sepuluh tahun ke depan. Jadi sekali lagi masyarakat tak perlu khawatir,” pungkasnya.

Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait