Balikpapan Berita Terkini 

Terharu dapat bantuan BAZNAS, IRT menangis tersedu

baznasBALIKPAPAN, CAHAYAKALATIM.com—Memasuki masa penerimaan siswa baru, ternyata  masih ada warga yang tak sanggup membayar uang seragam sekolah anak anak mereka saat diterima di sekolah sekolah yang ditujunya. Hal ini seperti yang dialami Minasa, seorang ibu rumah tangga dalam kategori warga miskin yang berlamat di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Balikpapan Utara.

Minasa datang di kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Balikpapan, setelah pihak BAZNAS menguhubunginya. Ia datang dengan mengenakan pakaian seadanya. Langsung memeluki salah seorang pegawai BAZNAS. “Terimakasih banyak Bu. Ibu sudah memenuhi permohonan saya,” ujar Minasa menangis sesugukan, di hadapan Rina, salah seorang pengurus BAZNAS Kota Balikpapan.

Permohonan Minasa tentu saja dipenuhi BAZNAS sebab ia termasuk warga miskin, di mana ke dua anaknya saat ini masuk sekolah. Anak yang pertama adalah Miranda Yohana yang dinyatakan lulus dan diterima di SMKN 4 Balikpapan. Sedang Anak yang kedua, Nilam Cahaya diterima di SMP Panca Darma Balikpapan.

“Alhamdulillah, saya dapat bantuan dari BAZNAS sebesar Dua Juta Rupiah. Uang ini untuk membeli seragam anak saya. Saya sangat mendesak, sebab seragam tersebut akan digunakan minggu depan,” Ujar Minasa kepada cahayakaltim.com, Jumat (29/07/2016).

Selain Minasa, pihak BAZNAS sering memberikan bantuan biaya pendidikan kepada warga Balikpapan mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. “Ini berkaitan dengan mendukung Balikpapan cerdas,” ujar Ketua BAZNAS Kota Balikpapan H Moyhammad Roem Arbain.

Menurut Muhammad Roem, BAZNAS baru baru ini sudah memberikan bantuan kepada 2 mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. “Alhamdulillah dua mahsiswi itu saat ini sudah lulus dengan menyandang gelar dokter. Dimana setiap semesternya BAZNAS memberikan bantuan sebesar dua juta rupiah untuk satu mahasiswa,” ujar Muhammad Roem.

Selain memberikan bantuan kepada 2 mahasiswi Fakulktas Kedokteran Unmul,  adapula 4 mahasiswa yang diberikan bantuan untuk menempuh pendidikan di luar negeri, tepatnya di Yaman. Dan masih adalagi mahasiswa lain yang dibiayai BAZNAS yang jumlahnya ada 33 mahasiswa.

Selain memberikan bantuan kepada mahasiswa, BAZNAS juga memberikan bantuan kepada para anak didik mulai dari sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas. Di mana jumlah bantuan untuk siswa SD sebesar Rp 250.000, per bulan. Serta peserta didik yang duduk dibangku SMP dan SMA diberikan bantuan sebsar Rp 500.000,- setiap bulannya. Yang jika dijumlahkan BAZNAS mealokasikan dana sebesar Rp 15.250.000,- setiap bulan untuk membiayai para anak sekolah tersebut. (alfian tamzil)

Berita Terkait