Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan 

Tingkatkan Pelayanan, PT PLN Luncurkan PS4

CAHAYAKALTIM.com – Sebagai salah satu unit layanan khusus bentukan Perusahan Listrik Negara, yakni PT PLN (Persero) Tarakan Kalimantan Utara, terus melakukan pembenahan dalam memberikan pelayanan kelistrikan.

Seperti yang dilakukan PT PLN ULK Tarakan, Rabu (4/4/2018). Dipimpin langsung Manager PT PLN ULK Tarakan, Totok Suharto bersama beberasa jajaran pejabat Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara seperti Manager Bidang Trihadi Antono yang mewakili General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kaltimra, melakukan gelar peralatan.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin PLN ULK Tarakan setiap tiga bulan sekali ini, dengan misi berupaya meningkatkan pelayanan dengan pemeliharaan jaringan agar jaringan semakin baik dan andal.

Tujuan utama kegiatan ini, menurut Totok Suharto, juga dalam rangka kesiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP, SMA dan SMK serta Bulan Suci Ramadhan yang berlangsung selama April, dan juga menyongsong Pilkada pada bulan Juni mendatang.

Selain itu, Totok juga menyampaikan dukungan penuh terhadap penerapan SOP baru tersebut.

“Dalam menjaga kehandalan dan melayani kelistrikan di Kota Tarakan, PLN ULK Tarakan telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk mengawal kelancaran pelaksanaan kegiatan UNBK, Ramadan dan pilkada mendatang,” ujarnya.

 

Luncurkan PS4

Dikesempatan yang sama dilanjutkan dengan launching program PS4 yakni penampilan, sikap, senyum, sapa dan salam. Launching ini merupakan kegiatan perdana di jajaran PT PLN wilayah Kaltimra.

Menurut Manager Bidang Trihadi Antono, Program PS4 merupakan salah satu terobosan yang digagas dalam upaya membentuk excellent service di PT PLN (Persero).

“Pelayanan excellent suatu perusahaan terbentuk melalui tiga pilar utama, yakni produk dan pelayanan yang berkualitas tinggi, sistem pelayanan yang efi sien dan prosedural yang berorientasi kepada pelanggan dan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan terlatih,” kata Trihadi.

Dia melanjutkan, PS4 hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan pilar SDM yang berkompeten dan terlatih guna mewujudkan PLN menjadi perusahaan kelas dunia.

“PS4 ini diimplementasikan untuk semua petugas pelayanan teknik. Ini merupakan pedoman tentang bagaimana kepatuhan petugas terhadap standard operational procedure (SOP) yang telah ditentukan. Dimulai dari penampilan petugas yakni seragam yang dikenakan, kerapian penampilan fi sik, keramahan, serta etika berkomunikasi dengan pelanggan,” tambah Trihadi.

Program PS4 juga mencakup pada pelayanan mulai dari menerima keluhan/gangguan pelanggan, proses mendiagnosa permasalahan, menyampaikan solusi dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Trihadi berharap kepada semua petugas pelayanan teknik agar berkomitmen untuk senantiasa disiplin menerapkan standar layanan PS4.

“Mengutamakan response, recovery, quality, integrity, dan safety, dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan PLN di Kota Tarakan dan sekitarnya sehingga program ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” harap Trihadi.

Kota Tarakan merupakan kota pertama di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang menandatangani komitmen penerapan program PS4. (***)

Editor : Michael M

Berita Terkait