Berita Terkini Bumi Etam 

TNI kawal pendistribusian uang ke pelosok

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Tentara Nasional Indonesia (TNI) ternyata sering kali melakukan pengawalan pendistribusian uang ke berbagai pelosok tanah air. Hal ini seperti dikatakan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Johni L Tobing saat menghadiri  acara sosilisasi Pengeluaran dan Peredaran Uang Rupiah Tahun Emisi 2016, yang digelar di Aula Bank Indonesia Balikpapan, Kamis pagi (12/01/2016).

Menurut Johni L Tobing, tugas pokok TNI itu ada operasi militer perang dan operasi militer selain perang,sesuai Undang Undang RI No 34 Tahun 2004 tentang TNI. “Untuk operasi selain perang itu diantaranya adalah membantu tugas pemerintah. Nah saya saat menjabat sebagai Danrem dulu, sering kali mengawal pendistribusian uang ke berbagai pelosok,” ujar Johni L Tobing.

Lebih lanjut Johni menyampaikan, selain melakukan pengawalan terhadap pendistribusian uang ke berbagai daerah, pihaknya juga pernah menemukan adanya sindikat peredaran uang palsu.

“Kami pernah mengungkap kasus peredaran uang palsu. Dan beberapa kali kami juga pernah mengungkapnya. Dan tentu kasus ini kami serahhkan kepada pihak kepolisian,” ujarnya.

Kehadiran Pangdam VI Mulawarman pada acara sosialisasi ini sengaja dilakukan pihak Bank Indonesia dengan tujuan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait dengan diterbitkannya uang pecahan baru yang diterbitkan pada Desember 2016 lalu.

Selain kehadiran Pangdam VI Mulawarman pada sosialisasi ini juga dihadiri Waliota Balikpapan, sejumlah pejabat dari berbagai perusahaan BUMN, perusahaan swasta, pimpinan bank pemerintah dan bank swasta, Majelis Ulama Indonesia Balikpapan,dari kalangan pesantren dan sejumlah pengurus lembaga keuangan.
Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait