Berita Terkini Bumi Etam Kodam Mulawaran 

TNI prioritaskan rekrut prajurit domisili di perbatasan

tentara(1)BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Tentara Nasional Indonesia pada tahun ini kembali membuka pendaftaran untuk menjadi anggotanya di tingkat Tantama dan Bintara. Di mana dalam beberapa tahun belakangan ini Kodam VI Mulawarman memprioritaskan putra daerah untuk diterima menjadi anggota TNI.

Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Letkol Inf Subagiyo mengatakan, dalam beberpa tahun ini memang Kodam VI Mulawarman memberikan prirotas kepada putra daerah, khususnya mereka yang berdomisili di daerah perbatasan antara Kaltara dan Malaysia.

“Ya kami memberikan prioritas kepada putra daerah khususnya di perbatasan  untuk menjadi anggota TNI. Namun tentu tetap melalui proses seleksi berdasarkan ketentuan yang sudah ada,” Ujar Subagiyo kepada cahayakaltiom.com, Senin (22/08/2016).

Menurut Subagiyo, animo warga untuk menjadi anggota TNI selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Mereka berasal dari Malinau, Nunukan, Tanjung Selor serta beberapa wilayah yang ada di Kaltara termasuk di Kaltim, seperti di Balikpapan, Samarinda dan daerah lainnya.

“Presentasenya selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Luamayan banyak,” ujar Subagiyo lagi.

Lebih lanjut Ia juga mengatakan, para putra daerah yang sudah ditrerima menjadi anggota TNI ini, biasanya langsung ditugasi di satuan tempur. Tahap tahap awal bergabung menjadi anggota TNI akan mendapatkan tugas di perbatasan.

“Ini yang biasa dilakukan oleh Kodam, setelah mereka mengenyam pendidiikan dan ditugasi di satuan tempur. Dan tidak menutup kemungkinan mereka akan ditugasi di perbatasan sebagai pasukan pengamanan perbatasan,” pungkasnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, bagi mereka yang ingin menjadi anggota TNI, maka silahkan dating ke Kodam VI Mulwaraman atau di markas Korem 091 Aji Suryanatakusuma  jika berada di Samarinda.

“Bisa pula datang saja ke kodim kodim di seluruh kabupaten kota yang ada di Kaltim. Di sana ada ketentuan serta persyaratannya. Silahkan saja datang. Untuk memenuhi segala persyaratannya jika ingin mendaftar,” uajrnya lagi. (alfian tamzil)

Berita Terkait