Universitas Balikpapan Membuka Fakultas Kedokteran

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com— Untuk mempersiapkan diri sebagai salah satu Universitas terbesar agar segera terealisasi, maka Universitas Balikpapan akan membuka Fakultas Kedokteran.
Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Dharwa Wirawan Universitas Balikpapan Rendi Susiswo Ismail SH MH mengatakan bahwa, saat ini almaternya tengah disibukkan untuk membuka Fakultas Kedokteran.
“Ya benar, saat ini prosesnya sudah berada di Dirjen Dikti dan Kopertis. Insya Allah tahun 2017 mendatang FK sudah resmi di buka di Universitas Balikpapan,” ujarnya kepada Cahaya Kaltim di ruang kerjanya.
Lebih lanjut ia mengatakan, rencana dibukanya Fakultas Kedokteran ini dilatarbelakangi dengan tingginya animo masyarakat Kalimantan Timur untuk mengambil Fakultas Kedokteran.
“Hampir setiap tahun di setiap penerimaan mahasiswa baru, Fakultas Kedokteran selalu diminati. Itu terbukti bantak mahasiswa asal Balikpapan yang kuliah di FK di beberapa universitas yang berada di pulau Jawa. Ini belum termasuk FK yang ada di Universitas Mulawarman Samarinda,” ujar Rendi Ismail.
Selain dilatarbelakangi dengan tingginya minat pelajar yang ingin kuliah di kedokteran. Sarana penunjang juga turut mendukung. Seperti Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan yang sudah bersedia menampung para mahasiswa untuk melakukan praktik di rumah sakit milik pemerintahan tersebut.
“Rumah Sakit Kanujoso saja sudah bersedia menampung para mahasiswa kami apabila nanti para mahasiswa akan menjalani koas, ” ujar Rendi lagi.
Jika pada tahun 2017 mendatang Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan sudah beroperasi. Maka hanya akan menerima mahasiswa yang jumlahnya hanya 50 orang dan tidak boleh dari itu. “Ya ini sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh Dikti, bahwa di tahap awal berdirinya FK di uniba nanti, jumlah mahasiswa yang diterima tidak boleh lebih dari 50 orang,” ujar Rendi lagi. (alfian)

Berita Terkait