Balikpapan Berita Terkini 

Universitas Favorit gratiskan mahasiswa penghafal Alquran

Suasana lomba Simaah. (alfian/cahayakaltim.com)
Suasana lomba Simaah. (alfian/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebanyak 20 santri Madrasah Aliyah Radhiyataan Mardiyah mengikuti Ujian Simaah yang digelar di ruang serbaguna Pondok Pesantren Hidayatullah, Gunung Tembak Balikpapan, Sabtu (14/05/2016).

Ujian Simaah ini bertujuan untuk memantapkan mental santri tahfiz yang saat ini duduk di kelas X dan kelas XI. Pemantapan mental itu dilakukan dengan cara maju di hadapan orang banyak dengan mengumandangkan ayat ayat suci Alquran.

Hadir pada acara tersebut diantaranya para orang tua santri, para ustadz serta pengurus BMH yang selama ini sering memberikan bantuan bea siswa yang nilainya jauh lebih besar dari bea siswa yang diberikan oleh pemerintah.

Ketua panitia Perlombaan Simaah, Irwan Budiana mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menanamkan rasa percaya diri bagi santri ketika tampil di permukaan. “Ya, mereka harus terbiasa tampil di hadapan orang banyak. Tidak grogi ketika tampil di muka orang banyak,” ujarnya kepada cahayakaltim.com.

Bagi santri tahfiz yang nantinya akan melalnjutkan pendidikan tinggi ke perguruan tinggi, ada kabar menarik bagi mereka yang hafal Alquran minimal 3 juzz.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Radhiyataan Mardiyah, Amir Abdullah, yang menurutnya ada perguruan tinggi ternama yang siap menampung mahasiswa apabila menghafal Alquran sedikitnya 3 juzz.

Perguruan perguruan tinggi yang dimaksud itu adalah Universitas Islam Negeri Awaluddin, Makasar. “Yah, di UIN Awaluddin Makasar, memang menggratiskan mahasiswanya yang menghafal Alquran. Dan itu di Fakultas Kedokteran lagi,” ujar Amir abdullah.

Selain UIN Awaluddin Makasar, adapula Universitas yang menggratiskan mahasiswanya apabila mampu menghafal Alquran. Yakni Universitas Airlangga Surabaya dan UIN Maulana yang ada di Semarang.(alfian tamzil).

 

Berita Terkait