Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Upacara HUT Polri di Balikpapan dijaga ketat

ABALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Peringatan Hari Ulang Tahuh Kepolisian Republik Indonesia ke 71 yang digelar Polda Kaltim di Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan, agak berbeda dari penyelenggaraan yang sama sebelumnya.

Masyarakat yang hendak melihat langsung proses upacara tahunan tersebut, paling dekat berjarak sekitar 500 meter.

Pagar betis berlapis dengan seragam lengkap anti teror Brimob, terlihat hampir setiap sudut kawasan Melawai. Selain itu juga personil intel dan Lantas serta Samapta ikut juga membantu memagar dan memeriksa dengan detail siapapun yang hendak masuk.

Bahkan beberapa undangan dan wartawan terpaksa harus tertahan sementara ketika datang terlambat.

“Ini merupakan salah satu protap dalam melakukan pengamanan. Dan ini juga merupakan salah satu atensi Kapolda Kaltim, untuk meningkatkan kewaspadaan dini waktu lalu,” kata Kasubdit Penmas AKBP Yustiadi Gaib, kepada cahayakaltim.com, Senin (10/7/2017), disela upacara berlangsung.

Acara peringatan HUT Polri di Lapamgan Merdeka Balikpapan berjalan sesuai harapan. Tak ada gangguan sehingga berlangsung cukup meriah.

 

Dihadiri Pejabat se-Kaltim dan Kaltara

Upacara HUT Polri ke 71 ini, dihadiri sejumlah pejabat tinggi dan juga tokoh masyarakat di Kaltim dan Kaltara. Di antaranya, Gubernur Kalimantan Timur DR Awang Farouk Ishak, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mulyana, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (KaBINDA) Kaltim, Brigjen TNI, Jimmy Kindangen, serta sejumlah pejabat vertikal yang ada di Provinsi Kaltim dan Kaltara.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Safaruddin selaku inspektur upacara mengatakan, selama bulan Ramadan Polri berhasil melakukan pengamanan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Selama Ramadan dan Lebaran tahun ini situasi Kantibmas sangat kondusif. Seluruh masyarakat merasa aman. Lalu lintas mudik berjalan lancar. Kecelakaan lalu lintas turun drastis. Serta harga harga kebutuhan pokok juga stabil,” ujar Safaruddin.

Lebih lanjut, Safaruddin mengatakan bahwa Kapolri sangat memberikan apresiasi kepada jajaran Kepolisian, mulai yang bertugas di kota kota besar hingga di pelosok pelosok tanah air.

Di usianya yang ke 71 tahun, Safaruddin mengungkapkan bahwa Polri telah memberikan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi untuk mendukung jalannya pembangunan nasional dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan.

“Polri juga mampu menciptakan situasi Kantibmas yang stabil dan kondusif. Polri sukses melakukan pencegahan konflik. Penjagaan demontrasi. Penanganan terorisme.  Pemberantasan narkoba. Menekan angka kejahatan konvensional, seperti premanisme dan kejahatan jalanan,” ujar Jenderal berbintang dua tersebut.

Upacara peringatan HUT Polri ke 71 ini berjalan lancar dan ditutup dengan penampilan atraksi dari anggota Brimob Polda Kaltim berupa penanganan serta penjinakan bom serta hiburan musik yang dilaksanakan di tempat yang sama.

Upacara peringatan hari jadi Polri ini sengaja digelar pada 10 Juli hari ini yang serentak di lakukan di seluruh tanah air, yang sejatinya peringatannya adalah pada 1 Juli yang lalu.

Namun karena pada 1 Juli tersebut polisi melakulan operasi Ramadnia dalam rangkaian pengamanan mudik lebaran, maka upacaranya diundur dan digelar pada hari ini. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait