Balikpapan Berita Terkini Pendidikan 

Walikota resmikan gedung baru SMP Al Ula

walikota

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi melakukan peletakkan batu pertama pembangunan gedung baru SMP Islam Al Ula di Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, Kamis (25/08/2016).

Sekolah yang terletak tak jauh dari SMP Negeri 4 Balikpapan itu telah berdiri pada tahun 1978 silam. Hingga kini masih beroperasi di mana saat ini jumlah peserta didiknya mencapai 170 siswa.

“Awalnya sekolah ini hanya belasan orang saja siswanya. Namun berkat optimisme dewan guru dan pihak yayasan sekolah ini masih beroperasi hingga saat ini,” ujar A Abdul Mubar Yahya, ketua Yayasan Pendidikan SMP Islam Al Ula.
Menurut Mubar Yahya, awalnya sekolah ini hanya berjumlah 14 orang saja saat baru berdiri. Di tahun berikutnya justru mengalami penurunan. Jumlahnya waktu hanya 5 orang saja yang mendaftar. “Bahkan saat kelulusan jumlah malah berkurang,” kenang Mubar Yahya saat menyampaikan sambutannya.
Pada kesempatan yang sama, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi mengatakan, bahwa peranan pendidikan formal berbasis agama Islam sangatlan penting. Mengingat kondisi global saat ini sudah demikian majunya yang sudah merambah ke segala usia.
“Anak sekarang sudah bisa menjangkau dunia, walau hanya di dalam kamar. Di dalam kamar mandi. Mereka sudah bisa mengakses dunia dalam waktu yang singkat, hanya melalui HP androidnya,” ujarnya.
Kendati pemerintah sudah beberapa kali memblokir situs situs yang berbau fornografi. Namun tidak membuat situs terlarang itu berhenti beroperasi.
“Ironisnya ketika pemerintah memblokir sepuluh hingga dua belas situs. Muncul berikutnya adalah justru malah muncul lima belas hingga dua puluh situs,” paparnya lagi.
Untuk itu menurutnya, peranan pendidikan formal berbasis agama seperti di SMP Islam Al Ula ini,  dapat dijadikan sebagai sarana untuk membekali para peserta didik  untuk meningkatkan keimanan mereka.
“Salah satunya cara untuk mencegah anak anak kita untuk tidak melakukan hal hal yang jelek itu adalah dengan dibekali pendidikan agamanya. Di sini peranan keimanan anak dapat diterpa melalui pendidikan formal semacam ini,” imbuhnya.
Acara peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Balikpapan H Rahmad Masud, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol I Putu Yasa SH, Danramil Balikpapan Barat Mayor Inf Riduwan, Camat Balikpapan Barat Suhardi, para lurah se Balikpapan Barat serta hadir pula kepala sekolah dari berbagai sekolah yang ada di wilayah Balikpapan Barat.(alfian tamzil).

Berita Terkait