Advetorial Berita Headline Berita Terkini Komunitas Politik 

Warga Dayak Balikpapan Nyatakan Sikap Dukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Warga Adat Dayak Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Maruf Amin pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Deklarasi sikap ini diikuti oraganisasi adat Dayak, seperti, Dewan Adat Dayak (DAD) Balikpapan, Persatuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT), Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak (Koppad) Borneo, Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur (LPADKT), Komando Pertahanan Adat Dayak Kaltim (KPADKT), Forum Punggawa Adat Dayak Kaltim (FPADKT), Tokoh Adat Dayak Tonyoy-Benuaq, Dayak Ngaju, Dayak Kenyah, Dayak Dusun Maanyan (Dusma), Dayak Paser, Dayak Bahau dan Dayak Lundaye, serta beberapa organisasi Kaltim lainnya.

Acara pernyataan sikap politik yang dikemas dalam Silaturahmi Masyarakat Dayak Kota Balikpapan dan Deklarasi Dukungan Pemenangan Capres dan Cawapres 01 Jokowi-Ma’ruf, di Hotel HER, Balikpapan, Kamis (14/3/2019).

Menurut Dr. Abriantinus MA, ketua panitia yang juga Panglima Koppad Borneo mengatakan, sikap ini diambil selain merupakan bentuk dukungan satu suara dengan para tokoh dan petinggi Dayak Kalimantan juga merupakan keinginan untuk mendukung petahan dalam memimpin negara ini.

“Ini merupakan bentuk kesatuan warga Dayak se-Kalimantan yang sudah lebih dulu mendeklarasikan mendukung Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf. Selain itu juga, bukti nyata kepemimpinan Jokowi. Jadi Kami (Dayak) mendukung ‘O1’ di Pilpres ini,” kata Abriantinus.

Senada juga diungkapkan, Ketua PDKT, Lampang Bilung. Perempuan tokoh Dayak di Balikpapan ini mengatakan Jokowi merupakan salah satu pemimpin negara yang peduli terhadap warga Dayak.

“Kepemimpinan Jokowi, sangat dirasakan warga Dayak. Dia peduli terhadap kami (Dayak). Dasar itulah, mengapa kami bersatu mendukung Jokowi untuk meneruskan kepemimpinannya,” Ujar Lampang.

Ketua DAD Kaltim, Edy Gunawan Areq Lung juga mengungkapkan hal yang sama. Dimana warga Dayak di Kaltim mendukung Capres dan Cawapres Nomor 1 di Pilpres 2019 ini.

Sementara itu, dalam deklarasi dukungan ini, dihadiri ratusan punggawa Adat Dayak Kota Balikpapan maupun dari luar daerah, untuk memeriahkan acara tersebut, dihibur dengan tarian khas Dayak dan menghadirkan penyanyi asli Balikpapan bersarah Dayak yang sempat beradu suara di ajang the Voice Kida Indonesia Jesline Seven Jon. Beberapa petinggi partai dan Tim sukses Jokowi-Ma’ruf juga hadir dalam acara tersebut.

Ada lima poin yang menjadi catatan sikap warga Dayak Balikpapan, diantaranya :

  1. Mengakui keberhasilan-keberhasilan Presiden Joko Widodo dalam membangun wilayah Kalimantan timur yang dapat dirasakan oleh keluarga besar Dayak.
  2. Kepemimpinan Presiden Jokowi perlu dilanjutkan melalui proses pemilihan Presiden tahun 2019 ; sehingga program-program yang telah berjalan dapat berkelanjutkan.
  3. Kami MASYARAKAT DAYAK KOTA BALIKPAPAN berkomitmen mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) tahun 2019 yang aman, damai dan terpilih pemimpin yang memperjuangkan rakyat.
  4. Kami MASYARAKAT DAYAK KOTA BALIKPAPAN mendukung sepenuhnya dan berkomitmen memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Presiden No. Urut 1 Bapak ir. JOKO WIDODO dan Prof. Dr. KH. MA’RUF AMIN menjadi PRESIDEN/ WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA MASA BAKTI 2019–2024.
  5. Tetap menjaga keutuhan NKRI, PANCASILA, UUD 1945, dan BHINEKA TUNGGAL IKA MASYARAKAT DAYAK KOTA BALIKPAPAN.

Usai deklarasi, surat pernyataan sikap masyarakat Dayak Balikpapan yang audah ditandatangani oleh petinggi Organisasi Dayak, diaerahkan kepada timses Capres-Cawapres no. 01 untuk dikirim ke tangan Jokowi-Ma’ruf. (***)

Editor : Michael M
Penulis : MR Mailangkay

Berita Terkait

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.