Berita Terkini Bumi Etam 

Wujudkan K3 pangan, Yusran Aspar dianugrahi Adhikarya

Yusran asparBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Upaya untuk membuka lahan kejar baru bagi masyarakat Penajam Paser Utara dalam mengembalikan budaya bertani, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras dan kesabaran dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian serta kedaulatan (K3) pangan di Kalimantan Timur.
Bagian inilah yang sudah dilewati oleh Bupati PPU Drs Yusran Aspar Msi, untuk mensejahterakan serta upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di PPU dan juga Kaltim secara keseluruhan.
Kerja keras itulah yang menjadi parameter penilaian Pemerintah Provinsi Kaltim terhadap Yusran sehingga memberikan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara 2016 oleh Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisal, Selasa (18/10/2016).
Keberhasilan Yusran dalam mengelola pertanian yang meliputi padi jagung dan kedelai (pajale) di PPU mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
PPU merupakan salah satu daerah penghasil padi terbaik di Provinsi Kaltim dan juga hasil petanian lainnya.
Kepada cahayakaltim.com, Yusran Aspar mengatakan penghargaan ini tak lepas dari jerih payah petani yang ada di PPU diiringi dengan adanya perhatian serius pemerintah setempat.
“Sebenarnya di daerah lain selain PPU juga ada pertanian yang bagus. Namun kami jauh lebih baik. Sebab para petani yang ada di PPU selalu mendapat perhatian, mulai dari permodalan hingga pembinaan para petani,” ujar Yusran saat dihubungi cahayakaltim.com melalui sambungan telepon selulernya.
Ia juga berharap, dengan dianugerahinya PPU sebagai daerah yang berhasil dan berjasa dalam ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan di Kaltim, agar kedepan pertanian di PPU akan jauh lebih berhasil dengan tujuan dapat mencapai swasembada beras dalam waktu yang tidak lama lagi.
Sehingga hasil pertanian di PPU diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat Kaltim sendiri. (alfian tamzil)

Berita Terkait