Kodam Mulawaran 

Menyisahkan kenangan sosial, Hendrik Manueke tinggalkan Kodam VI Mulawarman

Kolonel CKM dr Hendrik D Manauke bersama istri.
Kolonel CKM dr Hendrik D Manauke bersama istri.

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Mengobati masyarakat umum di perbatasan merupakan salah satu kenangan tak terlupakan saat menjadi pejabat Kepala Kesehatan Kodam VI Mulawarman, yang sulit dilupakan.

Hal inlah yang diungkapakan Kolonel CKM dr Hendrik D Manauke, yangkini pindah tugas menjadi Kakesdam Jaya.

Selama menjabat Kakesdam VI Mulawarman sejak 22 Februari 2014, merupakan pengalaman tersendiri bagi Kolonel berdarah Manado tersebut.

“Sebelumnya saya adalah kepala kesehatan Kostrad di Jakarta,” ujar Hendrik kepada cahayakaltim.com, Sabtu (20/2/2016).

Awalnya, ketika ditugasi di Kodam VI Mulawarman, ia membawa misi untuk melihat langsung masyarakat yang membutuhkan pengobatan. Dan ini ditindaklanjuti dengan mengadakan bakti sosial berskala besar.

“Sudah banyak kegiatan bakti sosial berskala besar yang telah kami gelar, seperti di Banjarmasin, Pleihari yang di Kalimantan Selatan. Sedang di Kaltim sendiri ada di Long Apari, Nunukan dan ada beberapa lagi,” ujar Hendrik lagi.

Dari bakti sosial tersebut tentu saja membuahkan hasil, banyak warga yang berhasil disembuhkan saat bakti sosial digelar.

Lebih lanjut Hendrik menyebut, ketika dirinya menjabat sebagai Dandenkes Banjarmasin. Saat itu ia hampir setiap saat melakukan bakti sosial atau pengobatan gratis di berbagai wilayah yang ada di Banjarmasin.

Uniknya, dibawah komando dokter Hendrik. Sebab disetiap mengadakan bakti sosial dan pengobatan gratis.

“Warga bukan hanya diobati saja. Tetapi juga diberikan sembako. Bahkan ada yang diberikan mainan anak anak,” ujar Hendrik lagi.

Ia juga menyebut, selalain melakukan pengobatan kepada para warga ke seluruh pelosok.

“Triknya saya bukan mencari trouble maker. Tapi saya datang ke sini untuk jadi problem solving. Sekecil apapun masalah, kita harus tuntaskan bersama sama. Dengan demikian anak buah mencintai pimpinannya. Memimpin itu harus dengan hati. Semua saya rangkul, tanpa melihat pangkat dan jabatanya. Sebab semua adalah mahluk Tuhan,” paparnya.(alfiantamzil)

Foto : Kolonel CKM dr Hendrik D Manauke

Berita Terkait