Berita Headline Bumi Etam 

2017 Kaltim siapkan listrik tenaga nuklir

pltn

BALIKPAPAN, Cahayakaltim.com – Keterbatasan listrik di Kalimantan Timur yang belum juga ada jalan keluar memacu Pemerintah Provinsi menggenjot rencana pembangunan Pemnbangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Pembangunan PLTN di Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau. Pemerintah menargetkan ground breaking PLTN bisa terlaksana di 2017.

Presiden Direktur PT Industri Nuklir Indonesia (INUKI) Yudiutomo Imardjoko, mengatakan  pembangunan PLTN menggandeng investor dari negeri Tiongkok. Untuk 50MW di tahap awal, investor akan menanamkan modal 100 juta USD atau Rp 1 triliun.

“Tahap berikutnya akan dibangun pembangkit berikutnya hingga kapasitas 1000 MW dengan nilai investasi Rp 2 miliar USD,” kata Yudiutomo, kepada Cahayakaltim.com, Senin (17/8/2015) usai mengikuti upacara bendera di Balikpapan.

Namun, dijelaskan Yudiutomo bahwa, demi mempercepat proses pembangunan PLTN tersebut, terlebih dahulu mengurus semua izin yang tengah dikejar penerbitannya, yakni izin lingkungan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pekerjaan Umum.

“Dari semua izin, pemda juga tengah memperjuangkan izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), lembaga non kementerian yang bertanggung jawab kepada Presiden. Karena izin keselamatan dalam memanfaatkan nuklir dari BAPETEN sebagai pengawas segala kegiatan pemanfaatan tenaga nuklir di Indoensia,” kata Yudiutomo.

Soal studi kelayakan pembangunan PLTN diperkirakan akan selesai di 2016. Kelayakan yang diteliti sejak tahun 2008 ini, Kaltim yang dianggap paling ideal sebagai tempat berdirinya PLTN. Kaltim merupakan pulau yang aman untuk membangun pembangkit karena bebas dari gempa. (michael)

Berita Terkait