Berita Headline Ekobis 

40 tahun lapangan Handil, Sehari Hasilkan 15 ribu barel minyak

 

TEPI CPA 1(1)

MUARA JAWA, cahayakaltim.com–Sebagai sebuah lapangan migas yang mature, sampai saat ini Lapangan Handil masih memproduksi minyak dan kondensat sebesar 15,000 BOPD, serta associated gas sebanyak 30 MMSCFD.

“Produksi sebesar itu dapat dicapai berkat kerja keras kami mengelola sumur-sumur di lapangan yang mature ini, dengan jumlah sumur lebih dari 600, dimana yang hidup dan berproduksi sekitar 110 sumur,” kata President & General Manager Total E&P Indonesie, Hardy Pramono, Jumat, (28/8/2015).

Lebih lanjut, Hardy memaparkan perlu upaya ekstra untuk menjaga integritas terhadap sumur itu dan penerapan inovasi teknologi, supaya tetap dapat beroperasi secara maksimum dan aman.

Hardy Pramono mengatakan, mengelola lapangan yang sudah mature tidaklah mudah dan banyak tantangan yang dihadapi.

“Dengan bertambahnya usia, maka berbagai aset yang ada di sini harus dirawat dengan baik, karena semakin rentan namun harus tetap aman dioperasikan, sementara produksi harus dipertahankan agar tetap baik,” ujar Hardy.

Dia juga menegaskan Lapangan Handil adalah tempat yang baik untuk menggali pengalaman di bidang minyak dan gas bagi generasi muda.

“Lapangan Handil adalah sebuah universitas hidup, karena berbagai macam teknologi diterapkan disini, baik untuk sub-surface (untuk sumur) maupun peralatan surface (peralatan penunjang produksi),” kata Hardy.

Lapangan Handil ditemukan pada Maret 1974, dan mulai berproduksi pada Juli 1975. Lapangan ini berada di ujung delta Sungai Mahakam, di antara pulau-pulau berlumpur yang sebagian tertutup lapisan tebal pohon nipah.

Luas lapangan Handil sekitar 40 KM2 dengan cadangan minyak terletak di zona utama yang berada pada kedalaman antara 1.500 – 2.700 meter di bawah permukaan tanah.

Pada masa puncaknya, sekitar akhir tahun 1977, Lapangan Handil memproduksi minyak rata-rata 194.000 BOPD, dan total produksinya selama 40 tahun mencapai 900 juta barel (termasuk kondensat)  dan lebih dari 1,879 Tcf gas alam. (michael)

Berita Terkait