energiCAHAYAKALTIM.com–Makanan seharusnya bisa menambahkan energi. Namun ada beberapa makanan yang justru bisa mengisap energi. Biasanya makanan yang bisa membuat lelah adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Kalori yang tinggi bisa menimbulkan rasa kantuk.

Akibatnya Anda tidak bisa produktif dalam melakukan aktivitas. Bagi perempuan makanan penghisap energy ini sangat berbahaya karena bisa menambah berat badan. Berikut ini makanan pengisap energi yang harus dihindari.

Makanan seharusnya bisa menambahkan energi. Namun ada beberapa makanan yang justru bisa mengisap energi. Biasanya makanan yang bisa membuat lelah adalah makanan yang mengandung kalori tinggi.

Kalori yang tinggi bisa menimbulkan rasa kantuk. Akibatnya Anda tidak bisa produktif dalam melakukan aktivitas. Bagi perempuan makanan penghisap energy ini sangat berbahaya karena bisa menambah berat badan. Berikut ini makanan penghisap energi yang harus dihindari.

1.  Minuman berenergi

Minuman berenergi mungkin dapat memberikan dorongan energi sementara. Tapi begitu energi itu habis terpakai, Anda akan merasa lebih lelah dari sebelumnya. Sebuah penelitian yang dimuat di BBC mengungkapkan hasil studi yang sangat menarik.

Sekelompok orang dewasa yang kurang tidur diberi minuman energi yang mengandung gula dan diminta untuk melakukan beberapa tes monoton.

Sementara kelompok lain diberi minuman berenergi sejenis namun yang mengandung kafein. Setelah setengah jam, hasilnya sama. Tapi setelah 50 menit, kelompok orang yang minum minuman berenergi yang mengandung gula merasa jauh lebih lelah.

2. Sarapan manis dan bergula seperti donat dan roti Manis

Gula dan tepung putih merupakan penghisap energi paling ampuh. Ini sangat disayangkan karena begitu banyak orang yang memulai harinya dengan sarapan manis. Pada dasarnya, ketika Anda mengkonsumsi banyak gula, karbohidrat terpakai dengan cepat, gula darah naik, dan kemudian otak Anda berhenti memproduksi orexin, hormon yang membuat Anda merasa waspada.

3. Makanan berminyak dan digoreng

Makanan dengan tinggi lemak, seperti makanan yang digoreng, bisa memengaruhi fungsi otak Anda. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kelelahan dalam jangka pendek dan penurunan kinerja kognitif dalam jangka panjang.

4. Anggur merah dan alkohol

Ada alasan mengapa minum segelas anggur merah sebelum tidur sering direkomendasikan untuk orang dewasa yang memiliki masalah tidur.

Itu karena alkohol adalah depresan yang kuat yang dapat menyebabkan kantuk. Namun, efek alkohol pada kelelahan melampaui efek depresannya. Sebuah hasil studi yang dimuat di The Huffington Post tentang alkohol dan tidur menemukan fakta bahwa alkohol dapat membuat pola tidur Anda rusak dan menyebabkan kelelahan.

5. Makanan rendah zat besi

Anemia, atau rendahnya tingkat zat besi dalam darah, adalah penyebab utama kelelahan, erutama bagi perempuan. Walaupun ada sejumlah penyebab anemia, mulai dari menstruasi sampai penyakit sumsum tulang, makanan rendah zat besi merupakan alasan yang umum penyebab kelelahan.

Daripada Anda mengonsumsi makanan rendah zat besi seperti wortel, seledri kembang kol, cobalah makanan berwarna hijau gelap seperti bayam, kangkung dan brokoli. Alih-alih menyisihkan nasi, lebih baik kombinasikan dengan lentil atau buncis. Pertimbangkan sesekali mengganti makanan rendah protein zat besi protein seperti ayam dan ikan ke daging merah.